Cara Agar Komputer PC Bisa Pakai WiFi (Alat yang Dibutuhkan)

Cara Agar Komputer PC Bisa Pakai WiFi (Alat yang Dibutuhkan)

PC (Personal Computer) mungkin saat ini eksistensinya sudah mulai hampir tergantikan oleh komputer jinjing yang biasa kita sebut sebagai Laptop. Salah satu yang menjadi alasannya ya mungkin dari fisiknya yang lebih ringkas atau portable sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.


Namun, bukan berarti penggunaan komputer pc hilang begitu saja. Sebenarnya penggunaan pc sampai detik ini pun masih tetap ada dan menjadi favorite sebagian orang karna dianggap ketahanannya jauh lebih dapat diandalkan daripada Laptop.

Selain itu menggunakan komputer desktop kita juga dapat lebih fleksibel untuk menyesuaikan berbagai spesifikasi perangkat keras yang ada di dalamnya, komponen seperti Processor, SSD, Kartu Grafis (VGA), dan lain-lainnya dapat kita upgrade sesuka hati.

Tapi kembali lagi ke pilihan dan kebutuhan setiap individu, mana yang paling cocok digunakan antara Komputer PC atau Laptop. Pilihannya tentu ada di tangan kamu sebagai Brainware.

Itu hanya sedikit intermezzo, kita kembali ke pembahasan topik utama kali ini yakni bagaimana caranya agar komputer pc bisa terhubung ke wifi untuk mengakses internet tanpa menggunakan kabel lan.

Menghubungkan Komputer PC ke Jaringan


Umumnya dahulu (atau sampai sekarang) untuk menghubungkan komputer ke jaringan LAN dan Internet kita biasanya menggunakan kabel jenis UTP dengan konektor RJ45 yang langsung terhubung pada port ethernet komputer.

Namun layaknya laptop dan smartphones saat ini kita juga dapat menghubungkan pc ke jaringan wifi tanpa media kabel LAN, dengan menggunakan alat tambahan yang digunakan untuk menangkap sinyal wifi pc dapat terkoneksi ke jaringan melalui media nirkabel.

Maka dari itu, disini LewatOnline.com akan memberikan informasi alat yang bisa digunakan sebagai penangkap sinyal wifi untuk komputer pc yang sebelumnya tidak bisa terhubung.

Untuk mendapatkan informasi secara lengkap yuk ketahui dahulu jenis-jenis perangkat tambahan agar komputer kamu bisa terhubung ke wifi dibawah ini.


2 Jenis Wifi Adapter untuk Komputer PC


Berdasarkan bentuk fisik interface nya terdapar 2 jenis bentuk perangkat penangkap wifi yang dapat digunakan untuk PC yakni :


1. Wireless Adapter (USB)

Wireless Adapter (USB)

Disebut juga WLAN Adapter, perangkat ini memiliki bentuk yang kecil berukuran hanya beberapa cm saja yang dihubungkan langsung pada port USB tanpa melakukan setting apapun (Plug and Play).

Adapter ini dapat digunakan untuk pc desktop maupun laptop yang terdapat interface USB 2.0 sebagai penghubungnya.


2. Wireless Card (PCI Express)

Wireless Card (PCI Express)

Berbeda dari tipe adapter USB, WLAN Card jenis PCI Expresss ini biasanya berukuran lebih besar dan hampir sama dengan PCI LAN Card external yang dipasangkan pada slot ekspansi pada motherboard PC.

Untuk dapat berfungsi sebagai penangkap sinyal wifi kamu perlu memasangkannya pada slot PCIe pada motherboard dan menginstall driver yang diberikan dalam CD installasi.


Pilih Mana ?


Setelah mengetahui kedua jenis wifi adapter diatas, sekarang saatnya menentukan mana yang akan kamu gunakan. Keduanya berfungsi sama namun berbeda secara fisik dan spesifikasinya.

Dari sisi harganya wifi adapter USB bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari 30rban sampai ratusan ribu, sedangkan untuk jenis wifi adapter PCI harga termurah di marketplace sekitar 100rban.

Untuk harga termurah dan bebas ongkir kamu bisa membelinya : Disini

Silakan pilih sesuai kebutuhan kamu ya.

Semoga bermanfaat.