Cara Membuat User Profile Hotspot di Mikrotik

Cara Membuat User Profile Hotspot di Mikrotik

Cara Membuat User Profile Hotspot di Mikrotik

Sistem hotspot Mikrotik selain berguna untuk mengamankan jaringan dari pengguna yang tidak kita kehendaki, tentu terdapat pengaturan tambahan yang bisa kita atur dalam memanajemen pengguna yang sudah terhubung melalui hotspot kita.

User Profile merupakan fitur pada hotspot mikrotik yang digunakan sebagai pengaturan untuk membuat sebuah kebijakan tertentu.

Lihat Juga : Cara Setting IP Bindings Hotspot Mikrotik Untuk Bypass Access Point

Dengan kebijakan yang kita atur, user dengan kategori tertentu dapat kita sesuaikan dengan ketentuan seperti misalnya kecepatan yang akan diberikan kepada setiap user yang terhubung pada jaringan akan berbeda.

Sebagai ilustrasi, jika kamu memiliki jaringan sederhana di dalam rumah dan menerapkan sistem hotspot pada jaringan wifi di rumah kamu. Kemudian kamu ingin setiap user dikelompokan menjadi 2, yakni Keluarga dan Tamu.

Untuk user yang masuk ke dalam kelompok Keluarga ingin kamu atur dengan kecepatan upload dan download 5 Mbps sedangkan untuk kelompok Tamu memiliki kecepatan download dan uploadnya cukup 2 Mbps.

Hal ini bisa kita atur dengan membuat User Profile pada mikrotik kita. Penasaran bagaimana caranya ? Silakan simak langkah-langkahnya berikut ini :


Cara Setting User Profile Hotspot Mikrotik


Sebagai contoh disini LewatOnline.com  membuat user profile untuk Keluarga dan Tamu dengan kebijakan kelompok Keluarga memiliki kecepatan akses internet lebih besar dari kelompok Tamu yang sudah diilustrasikan diatas.

Langkah-langkah :

1. Buka Winbox, silakan download Winbox versi terbaru di link berikut https://download.mikrotik.com/winbox/3.31/winbox64.exe (Windows 64-bit) atau https://download.mikrotik.com/winbox/3.31/winbox32.exe (Windows 32-bit).

2. Silakan pilih menu IP > Hotspot > User Profiles

membuat user profile hotspot mikrotik


2. Kemudian pada User Profiles tambahkan profile baru dengan klik tanda + (tambah) lalu masukan nama yang diinginkan, disini LewatOnline.com membuat profile untuk Keluarga dengan pengaturan Rate Limit (rx/tx) 5 Mbps yang artinya setiap user pada profile ini akan mendapatkan kecepatan akses 5 Mbps untuk upload/download.

User profile Keluarga hotspot mikrotik


Buat juga untuk profile Tamu dengan kecepatan yang diinginkan dengan Shared Users 10 atau lebih, dengan settingan ini berarti 1 user Tamu dapat digunakan untuk 10 perangkat / device lalu klik OK untuk menyimpan

User profile Tamu hotspot mikrotik


Setelah itu maka akan ada 2 profile hotspot yang dibuat tadi yakni Keluarga dan Tamu seperti berikut


Profile hotspot yang sudah dibuat


3. Kemudian arahkan setiap user hotspot ke profile yang sudah dibuat sesuai manajemen user hotspot yang diinginkan

User hotspot yang sudah diarahkan ke masing-masing profiles



Untuk memastikan bandwidth atau kecepatan user hotspot kita sudah sesuai silakan cek user yang terkoneksi dan lakukan test speed. Untuk melihat status user hotspot yang aktif pilih Active pada menu Hotspot dan lihat pada Traffic nya apakah sesuai dengan kecepatan yang telah disetting.

Kecepatan user hotspot


Sampai disini kamu telah berhasil mengatur / memanajemen setiap user berdasarkan kategori yang disesuaikan untuk kategori speed atau kecepatannya.

Sebenarnya ada beberapa ketentuan yang dapat kita atur, seperti batas waktu, batas kuota, dan lain sebagainya. Mungkin akan LewatOnline.com update dilain waktu ya.

Untuk tutorial mikrotik kali ini segini dulu, semoga bermanfaat.