Cara Setting VPN di Windows 10 Terbaru

Cara Setting VPN di Windows 10 Terbaru

cara mengaktifkan vpn di laptop windows 10

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah jaringan yang memungkinkan kita dapat mengakses jaringan lokal secara aman melalui jaringan Internet publik.

Jenis jaringan virtual ini memiliki keamanan yang tinggi karna mempunyai enskripsi yang dapat membuat koneksi kita terjamin "kerahasiannya" pada saat mengirim maupun menerima data melalui jaringan Internet.

Mungkin sekilas kamu pernah atau bahkan mengetahui VPN yang biasanya digunakan untuk mengakses sebuah situs atau game yang diblokir oleh penyedia layanan ISP tertentu kan ?

Nah, mungkin itulah salah satu fungsi VPN yang sering dimanfaatkan dan digunakan agar koneksi kita dialihkan atau melewati server VPN terlebih dahulu sehingga informasi pribadi kita tetap terjaga.

Selain itu, VPN juga biasanya digunakan untuk mengakses pekerjaan (file, data, dll) yang tersimpan pada server sebuah kantor sehingga dapat diakses secara aman melalui Internet dari berbagai lokasi diseluruh dunia.



Cara Setting VPN di Windows 10

Selain menggunakan aplikasi mobile yang sering dilakukan kebanyakan orang, kita bisa mengaktifkan vpn di laptop Windows 10 tanpa harus menginstall aplikasi atau software tambahan apapun.

Terdapat fitur VPN bawaan Windows 10 yang bisa kita gunakan untuk terkoneksi ke server VPN, berikut ini LewatOnline.com berikan tutorial langkah-langkah menggunakan VPN di laptop / pc Windows 10.


Cara Mengaktifkan VPN Windows 10

1. Masuk ke Setting > Netwok & Internet lalu pilih VPN   

 

2. Kemudian klik Add a VPN connection untuk menambahkan koneksi VPN baru, pastikan kamu sudah memiliki user & password untuk tersambung ke server VPN yang didapatkan dari penyedia VPN

 

3. Selanjutnya sesuaikan settingan VPN seperti berikut :

  • VPN provider : Windows (built-in)
  • Connection name : Berikan nama VPN sesuai keinginan
  • Server name or address : Masukan alamat domain atau ip server VPN
  • VPN Type : Pilih sesuai protocol/type VPN, biasanya PPTP
  • Type of sign-in info : Username and password
  • Username : Isikan username VPN
  • Password : Isikan password VPN


cara setting vpn di windows 10

 

4. Setelah kamu Save, sekarang klik Connect jika berhasil maka statusnya akan menjadi Connected seperti gambar dibawah ini.


VPN berhasil connect


Dan selesai, sampai disini koneksi jaringan VPN sudah berhasil terhubung.


Hal yang cukup penting untuk diperhatikan menyangkut pemilihan layanan VPN, LewatOnline.com ingatkan pastikan kamu sudah mengetahui kredibilitas dari penyedia atau provider VPN yang aman dan terjamin kualitasnya ya.

Untuk informasi tersebut bisa kamu cari tau di internet berdasarkan ulasan orang-orang yang sudah menggunakannya.

Jika kamu tidak dapat tersambung VPN, silakan lihat juga artikel LewatOnline.com tentang : Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect di Laptop (Windows 10)

Semoga bermanfaat.