Cara Setting Remote Management TP-Link TL-WR840N dan TP-Link TL-WR820N

Cara Setting Remote Management TP-Link TL-WR840N dan TP-Link TL-WR820N

Cara Setting Remote Management TP-Link WR840N dan TP-Link WR820N

TP-Link merupakan sebuah merk perangkat jaringan yang sudah sangat terkenal di industri jaringan komputer khususnya perangkat access point atau wifi yang umum kita temukan.

Salah satu seri atau model perangkat access point yang sering digunakan adalah TP-Link TL-WR840N dan TP-Link TL-WR820N dengan harga yang terbilang sangat terjangkau sekitar 150rban saja kita sudah dapat memiliki wireless router yang multi-mode.


Lihat Juga : Cara Setting Access Point TP-Link TL-WR840N Lengkap (4 Mode)


Selain itu dengan spesifikasi protokol standart EE 802.11b/g/n dengan kecepatan up-to 300 Mbps tentu sudah bisa menunjang segala aktivitas kita akan kebutuhan akses jaringan yang cepat, stabil, dan mempuni.

Selain fitur multi-mode yang telah LewatOnline.com sebutkan diatas, TP-Link juga menyediakan akses konfigurasi dengan tampilan atau interface yang mudah untuk dimengerti.

Seperti yang akan kita bahas kali ini terkait cara agar halaman konfigurasi TP-Link TL-WR840N dan TP-Link TL-WR820N  dapat diakses melalui jarak jauh (remote).

Langsung saja berikut ini cara setting atau konfigurasinya :


Fungsi Remote Management


Remote Management adalah pengaturan yang ada pada access point khususnya wireless router TP-Link agar dapat diakses atau login tanpa harus terhubung langsung melalui wifi maupun kabel lan.

Jadi, jika dipasang IP public pada saat konfigurasi jaringan WAN access point ini dapat diakses melalui internet atau dari jarak jauh melalui jaringan lain.

Atau jika kamu membuat jaringan rumahan dan menggunakan mikrotik sebagai router managemen utamanya, maka access point ini dapat diakses melalui ip WAN lokal yang kamu berikan.


Cara Mengaktifkan Remote Management Access Point TP-Link Terbaru


Untuk mengaktifkan fitur remote management pada tplink TL-WR840N dan TP-Link TL-WR820N ini sangat mudah sekali, sebelumnya pastikan perangkat sudah dikonfigurasi awal dan terkoneksi dalam jaringan yang kamu buat.


TP-Link TL-WR840N


1. Login ke halaman konfigurasi dengan mengakses ip address yang telah disetting sebelumnya, atau ip default tp-link biasanya 192.168.0.1 dengan user : admin dan password : admin namun disini LewatOnline.com sebelumnya sudah mengatur IP WAN nya menjadi 10.10.10.6 (sebagai contoh)

2. Pilih menu Security > Remote Management kemudian isikan Web Managament Port : 80 dan 
Remote Management IP Address : 255.255.255.255 (agar bisa diakses dari semua IP) lalu Save 


Remote Management TP-Link TL-WR840N


Dan selesai, sekarang silakan akses dari jaringan LAN lain yang masih satu induk dengan router mikrotik kamu, seharusnya sudah dapat diakses.


TP-Link TL-WR820N


1. Login seperti cara diatas

2. Masuk ke menu System > Administration > Remote Management pastikan sudah tercentang Enable, untuk HTTP Port : 80, Web Address Management : IP WAN yang diberikan (dari router utama), dan Remote Managers : All Devices


Remote Management TP-Link TL-WR820N


Dan selesai, setting remote management sekarang sudah aktif dan dapat diakses dari jauh atau jaringan lan lain.

Semoga bermanfaat.