Cara Setting IP Bindings Hotspot Mikrotik Untuk Bypass Access Point

Cara Setting IP Bindings Hotspot Mikrotik Untuk Bypass Access Point

Cara Setting IP Bindings Hotspot Mikrotik Untuk Bypass Access Point

Jika berbicara mengenai perangkat router keluaran MikroTik, selain harganya yang bersahabat routerboard juga memiliki banyak fitur yang menarik untuk kita "kulik" Salah satunya tak lain tak bukan adalah Hotspot Server.

Fitur yang sangat digemari oleh mereka yang menjalankan usaha wifi voucher ini memang dapat diandalkan untuk masalah keamanan khususnya pada jaringan wifi public yang kita bangun.

Dengan sistem ini kita dapat memastikan seseorang tidak akan dapat masuk atau memiliki akses ke jaringan kita tanpa memiliki username dan password sebagai autentikasi akses bagi setiap pengguna.

Lihat Juga : Cara Setting Mikrotik Dari Awal Sampai Hotspot

Jadi seandainya jika jaringan wifi kita pada access poin tidak diberikan security berupa password sekalipun seseorang yang sudah terkoneksi tersebut tidak akan bisa mendapatkan akses ke jaringan atau internet.

Yang jadi pertanyaan, apakah kita bisa menerapkan atau mengatur beberapa perangkat misalnya access point dan CCTV untuk dapat diakses? yang mana perangkat ini tidak dapat melakukan autentikasi untuk dapat mengakses maupun diakses dari jaringan.

Hal ini pernah ditanyakan oleh seorang teman penulis LewatOnline.com ketika sedang belajar setting hotspot pada sebuah jaringan LAN yang di dalamnya ada akses point sebagai penyebar sinyal wifi namun tidak dapat diakses.

Untuk mengatasi hal ini, tentu ada fitur dibawah Hotspot yang dapat kita gunakan sebagai cara untuk mem-bypass koneksi bernama IP Bindings.


IP Binding


Jadi gampangnya, fitur ini digunakan untuk menentukan secara spesifik sebuah perangkat yang ingin kita bypass tanpa melakukan autentikasi. Selain itu dapat digunakan untuk memblokir user hotspot atau perangkat yang sudah terhubung sebelumnya.

Sebagai contoh, disini LewatOnline.com sudah mencoba membuat jaringan hotspot server yang di dalamnya terdapat access point yang tidak dapat diakses untuk masuk ke halaman konfigurasinya.




Cara Binding Akses Point


Caranya mudah sekali, seperti biasa gunakan Winbox untuk konfigurasi Mikrotik secara GUI.

1. Masuk ke menu IP > Hotspot > IP Binding 

 

Setting IP Binding Mikrotik

2.Tambahkan IP Binding dengan cara klik tanda (+) kemudian masukan mac-address sesuai target perangkat yang ingin dibypass, disini LewatOnline.com menargetkan perangkat Access Point TP-Link CPE220 maka :

  • Mac Address : Mac address port perangkat yang terhubung pada port/interface Mikrotik
  • Address : Opsional (bisa dikosongkan, bisa diisi sesuai ip address yang sudah diberikan)
  • To Address : Masukan IP address perangkat Access Point
  • Server : Sesuaikan dengan nama server hotspot kamu, defaultnya hotspot1
  • Type : bypassed

 


3. Setelah itu klik OK untuk menyimpan konfigurasi. Sekarang perangkat sudah dapat diakses karna sudah dibypass.

 

Halaman login ap tplink cpe220

Pada dasarnya IP Binding ini fitur yang dapat mengizinkan maupun memblokir sebuah perangkat yang terhubung pada Mikrotik melalui jaringan hotspot.

Disini LewatOnline.com memberikan tutorial IP Binding Mikrotik khusus untuk mencontohkan untuk membypass access point, kalian juga dapat membypass perangkat lain seperti CCTV, HP agar tidak memerlukan autentikasi / login.

Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa menghubungi LewatOnline.com melalui halaman Contact.