Cara Menyembunyikan Nama Wifi Agar Tidak Terdeteksi

Cara Menyembunyikan Nama Wifi Agar Tidak Terdeteksi


Cara Menyembunyikan Nama Wifi Agar Tidak Terdeteksi  — Memiliki jaringan wifi dirumah merupakan suatu hal yang mungkin saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap keluarga untuk mengakses internet demi menunjang pekerjaan, tugas sekolah/kuliah, maupun untuk hiburan sekedar streaming youtube atau bermain games.

Namun terkadang ada saja hal yang kurang membuat nyaman dalam penggunaan wifi dirumah yang pasti pernah atau bahkan sering dialami, seperti masalah wifi yang dibobol ataupun dipakai orang lain selain keluarga, misalnya saja tetangga tanpa izin kita sebagai pemiliknya.

Kejadian seperti ini tentu harus kita hindari dan cegah sedini mungkin karna bisa membuat jaringan wifi dirumah kita menjadi lambat atau lemot karna digunakan oleh banyak orang, apalagi yang menggunakan tanpa izin.

Lihat Juga : Tips Perluas Jangkauan Wifi di Rumah Paling Ampuh 2021


Maka dari itu disini LewatOnline.com akan membagikan bagaimana cara menghindari hal tersebut agar wifi kamu aman dari sabotase orang lain tanpa izin dengan cara berikut ini.


Cara Menyembunyikan Wifi atau Hidden SSID


Untuk menyembunyikan nama wifi dengan meng-hidden SSID agar tidak terlihat atau terdeteksi di hp maupun perangkat lain seperti tablet, laptop, dsb caranya sangat mudah sekali karna bisa kamu setting sendiri tanpa konfigurasi yang rumit.

Berikut LewatOnline.com berikan langkah-langkahnya :


Cara Menyembunyikan Wifi Indihome


Cara ini berlaku untuk Wifi Indihome dengan modem Huawei, ZTE, dan modem jenis lain seperti Orbit atau TP-Link karna pada dasarnya yang disetting hanyalah pada bagian SSID nya saja.

1. Login modem Indihome, pastikan kamu sudah mengetahui IP Gateway (IP modem) biasanya Indihome memberikan IP modem 192.168.100.1 atau 192.168.1.1 dengan user : Admin dan password : admin

Login modem indihome
2. Pilih menu WLAN > WLAN Basic > Broadcast SSID pastikan tidak tercentang, kemudian Apply untuk menyimpan

Cara hidden SSID wifi indihome


Dengan menerapkan pengaturan seperti diatas maka identias jaringan wifi kamu tidak dapat terdeteksi karna sudah dinonaktifkan untuk menyebarkan dirinya pada saat perangkat seperti hp, laptop, dll sedang menscan sinyal wifi.

Meski demikian, kamu tetap bisa terkoneksi dengan menambahkan jaringan wifi secara manual baik di hp maupun pada laptop dengan memasukan nama wifi dan password yang sesuai.

Mudah sekali kan ?


Cara Menyembunyikan Wifi Access Point TP-Link


Tambahan, untuk menyembunyikan nama jaringan wifi pada perangkat TP-Link kurang lebih sama saja berikut caranya.

1. Pilih menu Wireless > Basic Settings > pastikan Enbaled SSID Broadcast tidak tercentang seperti gambar dibawah ini


2. Kemudian klik Save untuk menyimpan, dan selesai.

Sekarang jaringan wifi kamu tidak akan terdeteksi oleh tetangga dan bisa menjadi langkah pengamanan agar wifi kamu tidak dibobol.

Semoga bermanfaat.