Cara Mengganti Nomor DANA Yang Sudah Tidak Aktif Terbaru Pasti Berhasil

Cara Mengganti Nomor DANA Yang Sudah Tidak Aktif Terbaru Pasti Berhasil

Cara Mengganti Nomor DANA Yang Sudah Tidak Aktif

Seperti yang kita ketahui DANA merupakan layanan digital berbentuk aplikasi yang berfungsi sebagai alat pembayaran non tunai yang seluruh kegiatan transaksinya dilakukan hanya melalui sebuah gadget atau smartphones, disebut juga sebagai dompet digital (e-wallet).

Lihat Juga : Cara Tarik Saldo DANA di Alfamart

Memiliki akun di aplikasi DANA (atau aplikasi apapun) ada hal yang sangat penting untuk dijaga, yakni nomor HP yang kita daftarkan.

Pastikan Nomor HP yang terdaftar selalu dalam keadaan aktif dan jangan sampai hilang karna jika hilang atau terblokir akibat masa aktifnya habis akan menyulitkan pada saat diperlukan.

Seperti yang LewatOnline.com alami beberapa waktu lalu akibat  nomor yang sudah tidak aktif karna jarang mengecek masa aktifnya berimbas tidak dapat bertransaksi dan login di beberapa aplikasi perbankan online (Mobile Banking) dan aplikasi dompet digital seperti DANA.

Sebenarnya yang jadi masalah utamanya bukan karna nomornya yang hilang ataupun terblokir karna masa aktifnya habis, melainkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Sedikit pengertian tentang apa itu kode OTP (One Time Password), ini merupakan kode verifikasi yang dibutuhkan sebagai bukti bahwa kita yang melakukan pendaftaran, login, dan transaksi yang bersifat elektronik baik pada website maupun aplikasi seperti DANA ini.


Cara Mengganti DANA ID (Nomor HP) Yang Sudah Tidak Aktif

Lalu bagaimana mengganti DANA ID (nomor HP akun DANA) jika nomor lama kita sudah tidak aktif ?

Untuk mengganti nomor akun dana ke nomor baru jika memang nomor lama kamu sudah tidak aktif karna hilang atau sudah hangus (terblokir) setidaknya ada 2 cara yang bisa dipilih.


1. Menghubungi Provider Kartu Sim

 

Cara ini pernah penulis LewatOnline.com lakukan pada saat menyadari jika nomor yang digunakan sudah dalam keadaan terblokir karna masa aktifnya sudah habis, awalnya sih penulis mengira bahwa "ahh SMS verifikasinya mungkin agak lama" namun ternyata memang kartunya sudah tidak aktif 😅

Karna nomor yang terpakai pada aplikasi DANA adalah nomor yang sama untuk Mobile Banking disini saya memilih untuk menghubungi operator kartu SIM untuk mengaktifkan kembali kartu saya.

Singkat cerita, nomor lama saya yang sebelumnya sudah terblokir pun kembali dapat digunakan setelah dilakukan pergantian kartu dan berlangganan Pascabayar (sebagai syarat).

Untuk proses mengaktifkan kembali kartu sim yang terblokir atau hilang dan semacamnya, silakan langsung hubungi pihak Operator seluler kamu ya.



2. Menghubungi Customer Care DANA


Cara ini bisa kamu pilih jika memang nomor lama kamu sudah tidak dapat dan tidak ingin digunakan kembali, yakni minta bantuan langsung ke Customer Care DANA untuk proses pergantian DANA ID / Nomor HP DANA yang sudah tidak aktif.

Caranya, kamu bisa menghubungi melalui telepon di 1500 445 atau dengan mengirim email ke help@dana.id biasanya laporan kamu akan langsung dibuatkan tiket aduan untuk ditindaklanjuti.

Disini LewatOnline.com mencoba untuk mengirim email dengan subjek Permohonan Perubahan Nomor DANA ID (bisa kamu sesuaikan) dengan mengisi dan menjelaskan bahwa nomor yang digunakan sebelumnya sudah tidak aktif.

Dan, selang beberapa jam biasanya akan dibalas oleh tim DANA yang membantu dengan meminta DATA kamu biasanya seperti nomor DANA ID sebelumnya, KTP, dan pertanyaan lain seputar akun kamu.

Setelah itu, biasanya kamu diminta untuk menginformasikan (bisa saja berbeda)

  1. Nomor telepon baru yang belum pernah terdaftar di DANA
  2. Video selfie dengan memegang KTP dan mengedipkan mata berdurasi 4-10 detik sebagai verifikasi dan bukti jika memang kamu pemilik akun DANA.

Cara Mengganti Nomor DANA Yang Sudah Tidak Aktif

 

Silakan kirim email balasan sesuai dengan data yang diminta dan tunggu informasi selanjutnya mengenai perubahan nomor akun DANA kamu, seharusnya jika sudah sesuai dengan data kamu perubahan akan berhasil dilakukan tanpa menunggu waktu lama.

Untuk memperlancar proses pastikan kamu bisa menjelaskan dengan detail alasan penggantian nomor dan menjawab beberapa pertanyaan (sebagai verfikasi) sesuai dan benar ya.

Semoga bermanfaat.