Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect di Laptop (Windows 10)

Cara Mengatasi VPN Tidak Bisa Connect di Laptop (Windows 10)

VPN Tidak Bisa Connect di Laptop

Penggunaan VPN sekarang ini sudah menjadi suatu hal yang umum dan banyak dipakai sebagai solusi mengakses jaringan dengan aman dan nyaman.


Sesuai dengan penamaannya, VPN merupakan jaringan virtual yang bersifat private / pribadi yang bisa menjamin proses pertukaran informasi data kita terjaga kerahasiannya.

Sebenarnya VPN dahulu biasa digunakan untuk menghubungkan atau menjembatani seseorang untuk mengakses jaringan lokal pada sebuah kantor dari tempat dan jaringan berbeda (Internet).

Namun seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat umum, VPN saat ini sering juga hanya digunakan sebagai cara untuk mengakses sebuah situs maupun game yang diblokir.

Lihat Juga : Cara Setting VPN di Windows 10 Terbaru

Untuk dapat terhubung VPN biasanya kita diharuskan mendaftar dan berlangganan pada penyedia layanan / provider VPN server berbayar, namun terdapat juga penyedia VPN gratis yang bisa kita gunakan secara bebas dengan batasan tertentu.

Yang jelas pastikan kembali kualitas dan keamanan VPN yang akan digunakan benar-benar terpercaya ya.

Kembali ke topik pembahasan kali ini, disini LewatOnline.com akan memberikan informasi atau sedikit tutorial cara mengatasi vpn tidak mau connect yang mungkin kamu alami di laptop ataupun pc.


Tidak Bisa Connect VPN Windows 10


Mungkin saat hendak menyambungkan VPN di Windows 10 menggunakan fitur bawaan (built-in) di pc atau laptop kamu mengalami tidak dapat tersambung ke server VPN dengan pesan error yang berbagai macam.

Salah satunya mungkin seperti berikut ini :

The network connection between your computer and the VPN server was interrupted this can be caused


Untuk mengatasinya jika muncul pesan error tersebut LewatOnline.com melakukan beberapa cara seperti dibawah ini.


1. Mengubah VPN type Jadi Automatic


Pada saat setting VPN Windows 10 terdapat pilihan protokol VPN type yang bermacam-macam seperti Automatic, L2TP/IPsec with certificate, L2TP/IPsec with pre-shared key, Secure Socket Tunneling Protocol (SSTP), IKEv2, dan Point to Point Tunneling Protocol (PPTP) yang merupakan protocol paling umum untuk VPN.

Jika tidak mengetahui jenis protocol VPN yang kamu gunakan silakan kamu pilih/ubah VPN type menjadi Automatic seperti yang LewatOnline.com lakukan

Ubah VPN type menjadi Automatic


Salah satu penyebab tidak bisa connect vpn di Windows 10 bisa terjadi karena biasanya kita salah atau kurang tepat pada saat menyetting jenis protokol yang digunakan oleh server VPN, jadi dengan memilih Automatic berarti sistem akan mendeteksi protokol secara otomatis.

Setelah menyimpan perubahan dan coba menghubungkan kembali koneksi VPN kamu seharusnya akan dapat dan berhasil terhubung.


2. Uinstall Driver VPN


Cara kedua ini LewatOnline.com temukan saat mengalami VPN tidak mau connect dan muncul pesan "The network connection between your computer and the VPN server could not be established" kemudian menemukan cara ini di youtube.

Caranya, buka Device Manager pad bagian Network adapters silakan klik kanan lalu Uinstall device driver WAN Miniport (VPN) seperti yang LewatOnline.com tandai kotak merah dibawah ini.

Uinstall Driver VPN


Tenang, ini tidak akan membuat laptop / pc kamu bermasalah karna driver ini akan muncul kembali secara otomatis.

Setelah itu silakan coba klik Connect kembali VPN kamu, seharusnya sudah dapat terkoneksi ditandai dengan status Connected seperti berikut :

mengatasi vpn tidak tersambung


Semoga bermanfaat dan semoga berhasil yaa.