Tips Perluas Jangkauan Wifi di Rumah Paling Ampuh 2021

Tips Perluas Jangkauan Wifi di Rumah Paling Ampuh 2021

Tips Perluas Jangkauan Wifi di Rumah Paling Ampuh 2021

Memiliki jaringan wifi dirumah merupakan sebuah fasilitas konektivitas yang saat ini sudah banyak kita jumpai dalam masyarakat perkotaan maupun di pedesaan yang membutuhkan akses internet cepat untuk menunjang pekerjaan maupun bermain game online.


Dengan menggunakan wifi dirumah selain bisa berinternetan dengan kecepatan yang lumayan tinggi kita juga dapat menikmati akses internet tanpa ada batasan kuota seperti menggunakan data pada hp yang terbatas dengan sistem kuota tertentu.

Umumnya penyedia layanan internet wifi khususnya untuk rumahan saat ini menyediakan akses unlimited 24 jam non stop tanpa ada batasan kuota.

Yaa, walau memang ada beberapa ISP yang menerapkan kebijakan penggunaan (FUP) tertentu seperti IndiHome namun bukan berarti setelah mencapai penggunaan tertentu tersebut kita tidak dapat mengakses internet ya, melainkan hanya speed nya yang diturunkan.

Lihat Juga : Cara Upgrade Speed Indihome Terbaru 2021


Nah, berbicara mengenai jaringan wireless atau wifi tentu ada masalah yang paling umum dirasakan oleh penggunanya termasuk kamu pastinya, yaitu masalah jangkauan wifi yang kurang maksimal seperti lemahnya sinyal saat terkoneksi ke perangkat hp/laptop/tablet dan sebagainya.

Biasanya jika sinyal wifi yang diterima oleh perangkat seperti hp atau laptop lemah tentu sangat mempengaruhi koneksi internet terutama kecepatannya karna throughput yang didapatkan tidak maksimal.

Umumnya access point standart yang diberikan oleh ISP seperti Indihome, Biznet, MyRepublic yang menjadi pemancar sinyal wifi hanya bisa mencakup jangkauan area didalam ruangan sekitar 20-40 meter dan fakta di lapangan itu pun jika sudah berbeda ruangan maka sinyal yang di dapatkan akan menurun atau lemah bahkan hilang.

Lihat Juga : 5 Rekomendasi Alat Penguat Sinyal Wifi Terbaik 2021

Karna sifatnya yang tidak mudah menembus tembok atau penghalang fisik lainnya lah yang sebenarnya menjadi penyebab sinyal wifi tidak dapat menjangkau semua area rumah kita, selain itu juga tentu karna spesifikasi dan performa accesst point itu sendiri.

Maka dari itu, disini LewatOnline.com akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan jaringan wifi dirumah agar bisa menjangkau ke setiap lantai dan ruangan setiap sudutnya.

Sebelumnya, LewatOnline.com hanya memberikan opsi cara yang bisa kamu pilih dan bukan tutorial teknis seperti konfigurasi access point ya. Berikut ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk memperluas area jangkauan wifi di dalam ruangan, rumah, atau gedung.


1. Menambah Access Point (AP Extender)

Dengan menambahkan access point disetiap ruangan yang diinginkan kamu bisa mendapatkan sinyal wifi secara penuh karna ruangan tersebut memiliki pemancar sinyal tersendiri dan berbeda dari pemancar utama.

Cara memperluas jaringan wifi
Ilustrasi jangkauan wifi extender (image : tp-link.com)

Caranya hubungkan beberapa access point baru yang sudah ditempatkan disetiap ruangan (disarankan dengan penarikan kabel UTP/LAN baru) agar lebih maksimal dalam mentransfer data antar perangkatnya.

Untuk merk atau model Access Point terbaik disarankan menggunakan produk yang sudah terkenal dalam hal perangkat jaringan wifi seperti TP-Link, Asus, Tenda, Totolink, dan sebagainya (tentunya sesuaikan dengan dana yang kamu miliki).




Kamu bisa mencarinya di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, BukaLapak, dll dengan mengetikan kata kunci Wifi Extender atau Access Point Router Range Exntender dengan harga yang ekonomis mulai dari 135rb - 300rb (sesuai dengan spesifikasi dan fitur).

2. Menerapkan Wifi Mesh System

Jaringan wifi dengan sistem mesh ini memungkinkan seluruh ruangan dalam sebuah bangunan berlantai 2 atau lebih dapat secara penuh akan tercover sinyal (SSID) wifi tunggal yang sama.

Sehingga jika kamu berpindah-pindah tempat misalnya dari lantai 1 ke lantai 2 jaringan wifi akan tetap stabil dan tidak mengharuskan kamu untuk memindahkan ke jaringan wifi (SSID) yang berbeda secara manual.

Jangkauan sinyal wifi dengan sistem mesh menggunakan tplink deco m5
Ilustrasi jangkauan sinyal Wifi Mesh Deco M5 (Image : tp-link.com)

Sistem ini biasanya disebut dengan istilah Seamless Roaming yang mana kamu hanya memiliki satu nama SSID dan password yang sama walau terdapat beberapa titik perangkat yang dipasang dan tetap terjaminnya terkoneksi ke jaringan yang sama walau berpindah tempat.

Memang dengan menggunakan sistem seperti ini tentu biaya yang harus dikeluarkan pun akan sangat jauh lebih mahal daripada menggunakan Wifi Extender biasa, tetapi efektifitas dan kinerjanya menurut LewatOnline.com cukup ampuh untuk mengatasi dead zones atau sudut yang tidak tercover sinyal wifi.

Untuk produk yang direkomendasikan kamu bisa mencoba mencari referensinya di internet atau youtube berdasarkan pengalaman orang-orang yang sudah menerapkannya.

Untuk memperluas area jangkauan wifi baik dirumah maupun di gedung kantor yang mana bangunan tersebut banyak penghalang bersekat tembok tidak bisa hanya menggunakan satu perangkat access point saja, diperlukan beberapa perangkat tambahan.

Kita bisa menerapkan sistem Extender wifi dengan menambahkan AP Indoor biasa dengan harga yang terjangkau maupun dengan Mesh wifi yang mana biayanya cukup lebih besar namun performanya juga jauh lebih baik.

Pilihannya ada di kamu, mau pilih Extender atau Mesh nih ?