Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas

Cara Mengatasi laptop panas berlebihan
Ilustrasi via Unsplash

Dalam penggunaan laptop pasti kamu pernah bahkan sering mengalami masalah laptop yang cepat panas. Tentunya, hal tersebut merupakan salah satu masalah yang hingga saat ini masih sering dikeluhkan oleh pengguna laptop berbagai merk baik asus, acer, lenovo, dan lain-lain.

Sebenarnya  Apakah wajar laptop panas ? Apa penyebab laptop yang cepat panas ? dan Bagaimana caranya agar laptop tidak cepat panas ?

Ya, setidaknya itulah pertanyaan yang ada dibenak kamu saat ini. Sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut perlu kita ketahui dahulu sumber penyebab laptop kamu cepat panas itu apa, karna biasanya yang paling umum karna penggunaan yang kurang tepat.

Laptop yang cepat panas tentu saja bisa mempengaruhi kinerja atau akan terasa lambat / lemot saat digunakan, jika kamu mengalami hal demikian bisa membaca artikel sebelumnya yang membahas mengenai Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Paling Ampuh yang sudah LewatOnline.com publish sebelumnya.

Berdasarkan pengalaman, disini LewatOnline.com akan memberikan tips dan solusi untuk mengatasi laptop yang cepat panas. Sebelumnya yuk kita cari tau terlebih dahulu penyebab atau faktornya.


Apakah wajar Laptop Panas ?

Laptop merupakan barang elektronik yang jika digunakan dan dalam kondisi menyala tentu akan menimbulkan panas, namun jika dirasa laptop kamu cepat panas sehingga menyebabkan performanya menurun perlu segera ditangani segera mungkin.


Penyebab Laptop Cepat Panas

Biasanya laptop yang cepat panas sering menyebabkan berbagai permasalahan, seperti overheat sehingga laptop terasa leambat saat digunakan, sering restart sendiri, dan bahkan tiba-tiba shutdown atau mati sendiri.

Umumnya jika laptop mengalami overheat atau panas yang berlebihan ada 2 faktor yang menjadi penyebabnya, yaitu :

1. Penggunaan

Pertama tentu penyebabnya dari sisi penggunaan. Lho saya beli laptop kan memang untuk digunakan ?! Maksud penggunaan disini adalah; penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan sebagaimana semestinya.

Apapun yang digunakan secara berlebihan dan tidak sebagaimana mestinya tentu akan menimbulkan masalah.

Seperti, menggunakan laptop berjam-jam untuk bermain game yang "memakan" resources cukup besar tanpa henti, menjalankan banyak program aplikasi secara berbarengan atau multitasking, menggunakan laptop dengan meletakannya diatas kasur, tidak memperhatikan dan merawat laptop dengan baik.

Dan dari aktivitas penggunaan diatas biasanya akan menyebabkan laptop bekerja dengan sangat keras sehingga menyebabkan panas yang berlebihan.

2. Usia & Spesifikasi Laptop

Usia laptop yang sudah cukup lama serta spesifikasi yang kurang siap untuk memproses pekerjaan yang cukup berat juga bisa menjadi penyebab laptop cepat panas.

Perlu kita ketahui bersama, laptop merupakan perangkat elektronik yang didalamnya terdapat berbagai macam perangkat keras yang memiliki batas pakai dalam jangka waktu tertentu.

Laptop yang sudah memiliki umur yang cukup lama tentu  kinerjanya sudah mulai menurun tidak seperti pertama kali digunakan saat baru dibeli dari toko.

Selain itu juga, kondisi laptop yang sudah lama digunakan tentu di dalamnya juga akan terdapat banyak debu yang bersarang terutama pada bagian kipas atau heatsink fan yang menyebabkan sirkulasi udara serta kondisi suhu pada motherboard / cpu laptop kurang baik.

Cara Agar Laptop Tidak Cepat Panas

Dari banyaknya penyebab laptop cepat panas diatas, seharusnya sudah kita ketahui apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah tips berdasarkan pengalaman LewatOnline.com mengatasi laptop yang overheat :

1. Tips Saat Penggunaan

  • Usahakan menggunakan laptop sesuai kemampuan spesifikasinya, jangan memaksakan menginstal atau menjalankan software yang berat yang membutuhkan spefisikasi diatas laptop kamu saat ini
  • Memberikan jeda waktu istirahat bagi laptop untuk refresh system dengan cara melakukan restart / shutdown hingga kondisi suhunya normal kembali 
  • Hindari meletakan laptop diatas kasur karna sirkulasi udara laptop tidak akan keluar dengan lancar
  • Gunakan Cooling Pad Fan / Deep Cool tambahan untuk laptop yang bisa kamu beli online di market place
  • Pantau suhu laptop menggunakan software untuk mengetahui suhu laptop panas, kamu bisa mendownload Real Temp atau HWMonitor secara gratis.

2. Lakukan Perawatan Berkala

  • Bersihkan bagian laptop dari debu yang menempel, terutama pada kipas laptop atau heatsink processor
  • Lakukan pergantian thermal paste processor dengan yang baru agar kualitas menghantarkan panas dari cpu ke heatsink tetap optimal
  • Jika perlu dan dirasa kamu masih ragu untuk membongkar laptop untuk membersihkan langsung motherboard serta kipas didalamnya, kamu bisa membawanya ke tempat service terpercaya dan berpengalaman untuk melakukan service kipas laptop kamu. Untuk biayanya berbeda-beda disetiap daerah, jadi untuk mengetahui langsung kamu bisa mendatangi tempat servicenya secara langsung.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas yang LewatOnline.com bagikan.

Semoga dengan membaca tips-tips yang telah diberikan diatas bisa menambah wawasan kamu dan bermanfaat untuk yang mengalami laptop cepat panas.