Cara Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu, Perhatikan 5 Hal Ini!

Cara Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu, Perhatikan 5 Hal Ini!

Cara Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu

Seiring perkembangan teknologi Internet yang semakin hari semakin berkembang saat ini rasanya berbelanja online sudah menjadi budaya atau kebiasaan baru yang banyak dipilih oleh masyarakat.

Belanja online merupakan kegiatan membeli sebuah barang tanpa harus mendatangi toko atau tempat tertentu secara fisik yang mana toko-toko yang menjual produk tersebut bisa kita temukan melalui Internet.

Cukup mengunjungi situs yang mempertemukan antara penjual dan pembeli atau menginstall aplikasi marketplace kita sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan cara bertransaksi di marketplace online terpercaya.

Contoh marketplace di Indonesia yang biasa digunakan sebagai perantara jual beli online adalah Tokopedia, BukaLapak, Shopee, Blibli, dan Lazada.

Meski demikian sampai saat ini ternyata masih ada saja kasus penipuan jual beli online yang terjadi disebabkan kurangnya kehati-hatian dan kurang telitinya dalam menerka oknum penjual yang hendak menipu.

Untuk itu disini LewatOnline.com akan berbagi tips untuk mencegah dan menghindari terkena penipuan saat belanja online berdasarkan pengalaman. 


5 Tips Belanja Online Agar Tidak Kena Tipu!

Untuk menghindari penipuan dalam jual beli online, ada beberapa tips aman yang harus diketahui berikut adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti sebagai calon buyer agar tidak tertipu.


1. Lewat Marketplace

Hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya dalam belanja online adalah memilih tempat atau media online yang digunakan untuk mempertemukan dengan penjual. Gunakan selalu atau lewat Marketplace apabila kamu ingin berbelanja! Kenapa ?

Marketplace adalah pihak penengah atau pihak ke-3 sebagai perantara antara kamu dengan penjual, apabila penjual tidak mengirim pesanan kamu maka uang yang kamu transfer ke rekening dalam hal ini marketplace maka uang kamu akan tetap aman dan bisa dikembalikan apabila suatu saat terajadi masalah.


2.  Pilih Toko Terpercaya

Disetiap marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya setiap toko yang ada bisa kamu lihat reputasinya, toko yang terpercaya bisa diukur dari penilaian para pembeli yang pernah belanja di toko tersebut.

Selain itu kamu juga harus memastikan jika status toko online tersebut sudah buka dalam waktu yang cukup lama dan pastinya memiliki reputasi yang cukup baik. Kamu bisa melihatnya pada statistik toko tersebut seperti Penilaian rata-rata, Jumlah Produk Terjual, dan Lama Respond chat dengan pembeli.


3. Lihat Ulasan Produk

Selanjutnya jika sudah dipastikan toko tersebut terpercaya saatnya melihat testimoni para pembeli yang sudah melakukan transaksi dan menerima barang yang dibelinya di toko tersebut. Karna bisa saja produk yang kamu inginkan ternyata tidak sesuai keinginan.

Untuk itu sangat penting melihat ulasan dan memperhatikan produk yang dikirimkan oleh penjual ke pembeli sebelumnya, kamu bisa melihat jumlah testimoni yang positif dan memperhatikan foto yang dimasukan testimoni tersebut.


4. Baca Desrkipsi Produk Secara Teliti

Salah satu hal yang tak kalah penting saat akan belanja online di marketplace adalah membaca deskripsi dengan baik dan teliti, jangan sampai kamu membeli produk dengan judul dan foto tertentu yang menarik namun pada saat datang tidak sesuai.

Misalnya, isi dalam box apa saja, spesifikasinya, apakah baru/bekas, dan semacamnya. Jika informasi deskripsinya kamu rasa kurang jelas kamu dapat menghubungi penjual melalui fitur Chat/Diskusi yang telah disediakan.


5. Jangan Transfer Langsung

Seperti yang sudah LewatOnline.com jelaskan dipoint pertama, salah satu cara aman untuk berbelanja online adalah dengan melalui perantara pihak penengah sebagai penampung dana yang ditransfer kemudian jika barang sudah sampai dan sesuai baru akan diteruskan ke penjual.

Sangat tidak disarankan bertransaksi dengan cara transfer langsung ke rekening penjual, terlebih lagi jika penjual tersebut tidak jelas dan kamu sendiri ragu kepadanya. Tipsnya jika memang kamu ingin bertransaksi langsung diluar marketplace pastikan toko online tersebut sudah memiliki reputasi yang baik.


Nah, sekarang kamu sudah tau kan apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam belanja online supaya tidak tertipu. Memang semuanya kembali ke diri kita masing-masing, upaya penipuan yang dilakukan oknum tertentu ini harusnya memang bisa kita hindari dan cegah sedini mungkin.

Semoga bermanfaat.