Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Solusinya, Terbukti Ampuh!

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Solusinya, Terbukti Ampuh!

Penyebab Baterai HP Cepat Habis dan Solusinya

Semakin berkembangnya dunia digital menjadikan penggunaan telepon pintar atau Smartphone semakin melekat erat dikehidupan masyarakat modern saat ini. 

Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak pun dapat kita lihat saat ini sudah sangat banyak yang menggunakan Smartphone untuk kepentingan yang bermacam-macam.

Karna memang telepon canggih zaman sekarang boleh dikatakan sebagai 'mini computer' yang bisa melakukan hal apa saja.

Kalau dahulu telepon hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi suara dan pesan singkat sekarang banyak hal yang bisa didapatkan hanya melalui genggaman tangan.

Seperti mengetahui kabar terbaru dari penjuru dunia melalui internet, menonton tv melalui hp, bermain game online, video call, mengedit foto/video, dan masih banyak lagi. Namanya juga telepon canggih...

Namun yang perlu diperhatikan dengan banyaknya fitur dan layanan tersebut adalah masalah penggunaan baterai, tak jarang atau banyak pengguna Smartphone mengeluhkan beterai yang cepat habis.

Nah disini LewatOnline.com akan berbagi informasi mengenai tips dan trik cara agar baterai hp tidak cepat habis yang terbukti ampuh.

Sebelumnya tentu harus kita ketahui bersama sebenarnya apasih yang menyebabkan baterai hp kamu cepat habis ?


3 Penyebab Utama Baterai HP Cepat Habis


Kalo ngomongin soal baterai hp yang cepat habis ini yang penting buat kita ketahui, penyebabnya itu bermacam-macam mulai dari penggunaan yang berlebihan, kapasitas baterai itu sendiri, dan kualitas baterai (battery healthy) hp kamu.

Berikut ini adalah beberapa penyebabnya yang paling umum :

1. Kapasitas Baterai

Yang pertama tentu kapasitas baterai yang tertanam, saat ini kapasitas baterai hp sebenarnya sudah memiliki mAh yang lumayan besar yakni 3000-7000 mAh. Hal ini tentu menjadi penting untuk kamu pertimbangkan saat akan membeli sebuah smartphone.

Jangan sampai kamu salah memilih kapasitas mAh yang kecil sedangkan kebutuhan akan penggunaan kamu besar. Seperti untuk keperluan gaming tentu membutuhkan kapasitas baterai yang besar karna cukup mengurasnya lebih cepat.

Kapasitas baterai dengan mAh yang kecil tentu bisa menjadi penyebab baterai kamu cepat habis, jadi pastikan kembali 


2. Penggunaan

Maksud penggunaan disini adalah cara penggunaan yang berlebihan, biasanya pengguna hp tidak menyadari baterai yang cepat habis sebenarnya disebabkan karena overload dalam menggunakan resource daya baterai itu sendiri.

Contohnya menjalankan aplikasi yang berat secara multitasking, membiarkan bluetooth, GPS, menyala terus menerus tanpa digunakan, menghiasi layar handphone dengan wallpaper bergerak/animasi, dan semacamnya tentu akan membuat baterai kamu terkuras dengan cepat.  


3. Kesehatan Baterai

Baterai smartphone kamu merupakan sebuah komponen elektronik yang tentunya memiliki masa pakai yang terbatas dan seiring penggunaan maka kemampuan atau kesehatannya juga akan semakin berkurang.

Terlebih lagi kembali ke penggunaan, jika penggunaannya kurang tepat atau salah pastinya semakin cepat membuat baterai hp kamu cepat drop atau bahkan kembung yang merupakan masalah umum pengguna hp sampai saat ini.


Cara Mengatasi Baterai HP Yang Cepat Habis


Nah, sebenarnya cara mengatasinya cukup mudah yaitu dengan mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebabnya terlebih dahulu kemudian hindari hal-hal tersebut.

Berikut ini LewatOnline.com berikan beberapa tips dan cara yang bisa kamu terapkan untuk menjaga baterai hp kamu tetap awet, tidak mudah drop, dan cepat habis. 


1. Pilih Baterai Berkapasitas Besar

Ini merupakan sekaligus tips buat kamu yang akan baru membeli smartphone maupun mengganti hp lama dengan hp baru, memilih kapasitas baterai yang besar adalah hal yang sangat penting dipertimbangkan. 

Saran agar hp kamu nantinya tidak cepat boros dalam masalah baterai, pilihlah baterai dengan kapasitas minimal 4000-5000 mAh atau lebih. Dengan kapasitas besar seharusnya baterai kamu tidak akan cepat habis.

2. Atur Penggunaan Secukupnya

Kamu bisa mengatur penggunaan secukupnya seperti tidak menggunakan Wallpaper Live, menonaktifkan fitur Bluetooth, GPS/lokasi jika tidak digunakan, menurunkan intensitas cahaya pada layar, dan menggunakan aplikasi atau game secukupnya. Perhatikan juga khususnya untuk aplikasi yang berjalan dilatar belakang  (background) yang sering menguras baterai hp kamu.

Cara mengaturnya kamu bisa pergi ke menu Setting Battery cari bagian yang mengatur background power consumtion atau dengan nama lain karna setiap smartphone berbeda-beda untuk nama pengaturannya. Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu aktifkan/nonaktifkan berjalan dilatar belakang.


3. Jaga Kesehatan Baterai

Untuk menjaga baterai agar tetap awet dan memiliki daya tahan yang baik kamu perlu menjaganya dari penggunaan yang kurang baik.

Seperti hindari penggunaan disaat mengisi daya baterai (sambil dicharge), tidak menggunakan charge sesuai bawaan, lupa mencabut disaat pengisian daya baterai sudah mencapai 100%, dan sering menggunakan hp sampai baterai 0%.


Dengan lebih aware dalam penggunaan smarthpone dengan cara yang lebih baik dan tidak berlebihan seharusnya konsumsi daya baterai HP menjadi lebih irit dan tidak boros. Semuanya kembali ke cara pakai pengguna masing-masing.

Itulah sedikit tips yang bisa LewatOnline.com bagikan kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. 

Jika kamu tertarik dan ingin mendapatkan tips dan trik seputar Gadget, Smartphone, Android, dll kunjungi terus LewatOnline.com untuk mendapatkan updatenya!