Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Tanpa USB Kabel Data

Cara Memindahkan File dari HP ke Laptop Tanpa USB Kabel Data

Dalam hal mengirim atau mentransfer data dari HP ke laptop / komputer dahulu yang paling sering kita gunakan adalah dengan menggunakan media kabel USB yang terkadang dibuat jengkel karna tidak terdeteksinya kabel USB dan lamanya proses transfer data.

Namun, sebenarnya ada metode lain yang bisa kita gunakan untuk mengirim file dari HP ke laptop tanpa kabel yakni menggunakan Bluetooth. Namun untuk sekarang sepertinya menggunakan Bluetooth juga sudah mulai ditinggalkan.

Alasannya karna kecepatan transfer data Bluetooth tidak begitu terlalu cepat dan tidak semua Laptop memiliki interface Bluetooth. Sedikit informasi tambahan untuk versi terbaru saat ini yakni Bluetooth 5.1 untuk kecepatan transfer sampai 2 Mbps.

Dengan demikian agar proses pengiriman data file kamu lebih cepat disarankan menggunakan metode yang lebih baik lagi, yakni dengan menggunakan jaringan nirkabel (WiFi).

Dengan menggunakan Wifi proses transfer data kamu akan lebih cepat dibandingkan menggunakan 2 metode sebelumnya karna memang teknologi Wifi saat ini sudah mengalami peningkatan dan sudah cukup populer digunakan.

Cara Transfer File dari HP ke Laptop Lewat Wifi

Nah, buat kirim file data dari HP ke laptop menggunakan jaringan Wifi ini bisa kamu coba dengan menggunakan aplikasi pihak ke-3. 

Sebenarnya banyak aplikasi untuk mengirim file dari HP ke laptop, namun disini LewatOnline.com akan memberikan tutorialnya dengan menggunakan aplikasi file manager bernama ES File Manager yang lebih mudah.

Berikut langkah-langkahnya :

Di HP

1. Silakan download aplikasi ES File Explorer File Manager untuk Android lalu install sampai selesai
2. Koneksikan HP dan Laptop/PC kamu ke jaringan Wifi yang sama, atau kamu juga bisa membuat Hotspot Tethering dari HP kemudian sambungkan Laptop kamu ke hotspot tersebut kedua device dapat terhubung
3. Buka aplikasi ES File Explorer kemudian pilih menu View on PC seperti berikut,
Mentransfer file antara komputer & perangkat Android
4. Kemudian tap TURN ON
Turn ON

5. Kamu akan melihat alamat IP address yang merupakan FTP untuk diakses dilaptop untuk membuka dan melihat isi dari storage HP kamu

Buka alamat ftp untuk membuka folder android di laptop

Di Laptop / PC

1. Buka File Explorer di Laptop atau PC kamu dengan tekan Logo Windows + E
2. Masukan alamat ftp://ipaddress seperti gambar dibawah ini, contoh : ftp://192.168.0.198:3721/
Akses alamat ftp di laptop atau PC
Lalu kamu akan masuk ke dalam isi storage HP kamu
Masuk ke dalam storage isi penyimpanan internal Android
Kemudian salin atau pindahkan data-data yang ingin kamu transfer ke laptop dengan cara meng-Copy nya, disini LewatOnline.com akan mengirim folder Gallery yang berisi Video & Foto dari Folder Camera
Copy file yang akan dikirim atau pindahkan ke Laptop atau PC
Dan Tunggu proses transfer berjalan hingga selesai
Tunggu hingga proses pengiriman file ke android selesai

Selesai, mudah bukan ?

Kamu juga bisa menggunakan alternatif aplikasi yang digunakan untuk mengirim file data dengan Wifi selain menggunakan ES File Explorer seperti AirDroid, Send Anywhere, dan ShareIt.
Mungkin dilain waktu akan LewatOnline.com tutorialkan caranya. Semoga bermanfaat
Bagikan Postingan:

Leave a Comment