Cara Membuat Gradient Text di Adobe Illustrator 2019

Cara Membuat Gradient Text di Adobe Illustrator 2019

Pada kesempatan kali ini LewatOnline.com akan memberikan tutorial panduan dasar seputar belajar desain grafis, yakni membuat gradient text. Gradient text adalah teks yang berisi lebih dari 1 warna atau perpaduan 2 warna bahkan lebih yang membuat fill teks kamu menjadi lebih menarik.

Bagi kamu yang baru belajar desain grafis dasar terutama ingin mempelajari Adobe Illustrator tepat sekali untuk belajar teknik dasar ini terutama penggunaan tool dasar dalam Illustrator yaitu Gradient Tool.

Langsung saja kita mulai, disini LewatOnline.com menggunakan aplikasi atau software desain grafis Adobe Illustrator 2019 jika berbeda dengan versi yang kamu gunakan kamu seharusnya tidak ada masalah karna tidak jauh berbeda untuk fitur yang digunakan.

1. Buka Adobe Illustrator dan buat dokumen baru dengan ukuran sesuai dengan yang kamu inginkan

Cara Membuat Gradient Text di Adobe Illustrator 2019

2. Ketikan teks yang kamu ingin buat bergradasi, untuk membuat gradient text tips pilih font yang tebal atau bold seperti dibawah berikut disini LewatOnline.com menggunakan Arial Black


3. Pilih menu Windows > Appearance atau Shift  + F6 untuk menampilan panel Appearance


4. Pada panel Appearance klik ikon 3 garis kecil dipojok kanan kemudian pilih Add New Fill untuk memberikan warna baru pada object teks kamu


5. Kemudian pilih warna gradient seperti yang ditandai kotak berwarna merah seperti gambar dibawah



6. Lalu pada Toolbar sebelah kiri paling bawah pilih Gradient


7. Kemudian sesuaikan warna gradient atau gradasi warna yang kamu inginkan, untuk mengubah warna kamu bisa klik 2x pada Gradient Slider yang ditandai lingkaran merah dibawah dan untuk mengurangi jumlah warna atau menghapusnya kamu bisa mengklik ikon delete.


8. Selesai, sampai disini kamu sudah berhasil membuat Gradient Text di Adobe Illustrator



Untuk membuat hasilnya lebih bagus kamu bisa mencoba berlatih sendiri dalam penggunaan gradient tool ini terutama teknik penggunaan gradient tool di ai (adobe illustrator) untuk membuat fill gradasi warna yang serasi dengan mempelajari kombinasi warna yang baik.

Demikian tutorial dasar Membuat Gradient Text di Adobe Illustrator 2019 ini, apabila ada yang ingin kamu tanyakan jangan sungkan untuk mengirimkannya di kolom komentar dibawah. Terimakasih dan semoga bermanfaat.