Cara Membuat Konten Media Sosial Yang Bermanfaat

Cara Membuat Konten Media Sosial Yang Bermanfaat

Salah satu cara bijak yang bisa diterapkan dalam menggunakan media sosial adalah tentu dengan cara yang sebaik-baiknya, karna banyak orang diluar sana yang masih menggunakan media sosial hanya sekedar memposting status, memposting foto, mengomentari postingan, bahkan tak jarang akibat sebuah komentar di media sosial berujung sebuah masalah.

Untuk itu disini LewatOnline.com akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menggunakan media sosial dengan lebih bijak dan lebih bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain yaitu dengan membuat konten yang bisa berguna untuk orang yang menjadi pengikut kamu di media sosial.

Daripada menggunakan media sosial hanya untuk melihat-lihat yang nggak jelas yuk mending jadikan akun media sosial kamu sebagai produsun konten-konten yang bermanfaat!

Pengertian Konten Media Sosial


Sebelum masuk ke pembahasan inti ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih konten media sosial itu?

Menurut Wikipedia konten media merupakan berbagai segala bentuk konten atau isi dalam 
sebuah media di dunia teknologi yang ada pada saat ini seperti blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, pin, gambar digital, video, file audio, iklan hingga berbagai bentuk konten media lainnya yang terbentuk melalui buatan dari para pengguna sistem atau layanan online yang sering kali dilakukan lewat sebuah situs media sosial.


Dapat di simpulkan bahwa Konten Media Sosial berarti isi atau sajian informasi yang penggunanya kirimkan baik dalam bentuk tulisan, foto, audio video, dan lain sebagaimana di dalam sebuah layanan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Bagaimana Membuat Konten Media Sosial Yang Bermanfaat ?


  1. Menentukan Platform Media Sosial

Platform media sosial tentunya hal yang harus kamu tentukan pertama kali disaat akan mempublikasikan sebuah konten, untuk menentukannya dengan tepat bisa berdasarkan dengan sasaran siapa target kamu dan format konten yang nantinya akan kamu bagikan. Contoh, jika kamu ingin menargetkan sasaran ke pengguna atau user anak muda yang berusia 18-30 tahun berarti bisa memilih Instagram.



  1. Menentukan Kategori Konten

Setelah menentukan dimana tempat untuk membagikan konten kamu, selanjutnya adalah menentukan jenis isi atau kategori konten itu sendiri. Untuk kategori apa yang kamu bagikan nanti, cara menentukannya bisa dengan sesuatu yang berkaitan dengan yang kamu sukai atau kuasasi, misal kamu hobi fotografi dan menguasai teknik-tekniknya kamu bisa membuat konten berbau fotografi seperti tips dan trik belajar fotografi.


  1. Menentukan Format atau Jenis Postingan Konten

Format atau jenis postingan disini maksudnya adalah dalam bentuk apa konten kamu akan disajikan kepada pengikut kamu, bisa dengan tulisan seperti teks berparagraf untuk sebuah konten blog, infografis, audio (podcast), atau audio visual. Kamu bisa menentukannya sesuai dengan platfrom yang kamu gunakan seperti yang diawal telah disebutkan.



  1. Konsisten Membuat Konten

Setelah menentukan platform media sosial, kategori, dan jenis konten kamu selanjutnya adalah mulai rutin dan konsisten membuat konten yang bermanfaat. Kamu bisa menentukan kapan dan berapa konten yang akan kamu publikasikan, misal 1 hari 1 postingan rutin yang akan kamu publish.



Setelah semuanya selesai kamu tentukan, mulailah rajin dan menjadi 'produsen' konten media sosial yang bisa menjadikan pembaca atau audiens kamu merasa mendapatkan sebuah wawasan yang berguna serta bermanfaat. Semoga sukses!



Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Konten Media Sosial Yang Bermanfaat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel