Tempat Belajar Coding Secara Otodidak Online Gratis Terbaik 2020 (Bahasa Indonesia)

Tempat Belajar Coding Secara Otodidak Online Gratis Terbaik 2020 (Bahasa Indonesia)
Photo by Safar Safarov on Unsplash
Teknologi Informasi (TI) merupakan salah satu teknologi yang perkembangannya paling cepat kita rasakan manfaatnya. Aplikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari seperti WhatsApp, Mobile Banking, dan aplikasi Smartphones lainnya merupakan contoh penerapan fungsi dan kegunaan dari teknologi informasi sekaligus produk yang dihasilkannya.

Dengan adanya teknologi informasi ini tentunya sangat berguna dan membantu segala bentuk aktivitas serta kegiatan yang dilakukan menjadi lebih mudah dan efisien. Dapat dikatakan bahwa teknologi informasi memiliki peran yang sangat penting untuk membantu pekerjaan manusia.

Jika berbicara mengenai dunia IT banyak orang diluar sana yang penasaran dan ingin mempelajari bagaimana sebenarnya teknologi ini bekerja dan dapat digunakan oleh banyak orang. Dalam dunia teknologi informasi kamu tentu akan menemukan istilah atau sebutan pekerjaan dalam bidang ini contohnya seperti Programmer atau Web Developer.

Sebenarnya ada banyak sebutan bagi mereka yang bekerja dan berkecimpung di dunia it, tapi berhubung pada pembahasan kali ini LewatOnlone.com hanya akan membahas mengenai tempat belajar coding otodidak secara online maka tidak akan disebutkan keseluruhannya.

Sebelumnya, yuk ketahui dulu sebenarnya apa sih yang dimaksud Programmer, Web Developer /  App Developer, dan Coding itu ?

Programmer

Programmer adalah sebutan bagi yang bekerja menjadi seorang 'penulis kode' pemrograman bahasa tertentu seperti PHP, Python, Java, dll. Programmer memiliki cakupan yang luas dan terbagi lagi menjadi beberapa sebutan seperti Software Programmer, Web Programmer, dan lain-lain.

Web Developer / App Developer

Web Developer berarti pengembang website atau situs, ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang bekerja membuat, merancang, atau membangun sebuah website untuk dapat digunakan sesuai dengan tujuannya. Seorang Web Developer wajib mengerti tentang  HTML, CSS, JavaScript, SQL, dan bahasa pemgrograman seperti PHP untuk pengembangan Web atau Java untuk pengembangan mobile apps.

Coding

Coding adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Programmer atau Web Developer untuk membuat sebuah aplikasi untuk dapat digunakan dengan cara menuliskan kode (coding) sesuai aturan penulisan atau syntax dari bahasa pemrograman yang digunakan seperti PHP, Python, JavaScript, dan lain-lain.

Itulah informasi singkat mengenai apa itu programmer, web developer / app developer, dan coding yang tentunya wajib kamu pahami terlebih dahulu sebelum memulai belajar coding!

Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama kali ini yaitu tempat belajar coding otodidak gratis yang bisa kamu coba untuk kunjungi. Disini LewatOnline.com membagi menjadi 2 segment tempat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk belajar coding. Yakni Channel Youtube dan Situs terbaik untuk belajar coding otodidak bagi pemula bahasa Indonesia.

Situs Belajar Coding Otodidak Gratis Untuk Pemula (Bahasa Indonesia)

Situs-situs dibawah ini merupakan situs untuk belajar coding (html, css, javascript, php, python, dll) dengan materi dasar sampai dengan mahir yang mudah dipahami bagi pemula orang dewasa bahkan untuk anak bagi orang tua yang ingin anaknya mempelajari coding. Berikut daftarnya

1. Petani Kode (https://www.petanikode.com/)

Tempat Belajar Coding Gratis : Petani Kode

Petani Kode adalah sebuah blog yang akan membantumu belajar pemrograman menggunakan Linux. Mulai dari hal-hal dasar hingga tingkat ahli (expert). Di blog ini kamu akan belajar coding dasar seputar HTML, CSS, JavaScript, PHP, Python, dan lain-lain. Dalam praktiknya disini kamu juga akan diberikan contoh kode html, css, php, dll sehingga memudahkan dalam proses belajar coding.

2. DuniaIlkom (https://www.duniailkom.com/)

Tempat Belajar Coding Gratis : DuniaIlkom

Duniailkom adalah situs belajar ilmu komputer, diharapkan duniailkom.com dapat menjadi media belajar dan saling berbagi tentang programming, hardware, maupun teori seputar ilmu komputer.

Duniailkom masih fokus kepada tutorial web programming seperti HTML, CSS, PHP, MySQL, JavaScript, WordPress dan Pascal. 

3. Jago Ngoding (https://www.jagongoding.com/)

Tempat Belajar Coding Gratis : Jago Ngoding

Di Jago Ngoding kamu bisa belajar berbagai macam bahasa pembrograman seperti tutorial belajar android berbahasa Indonesia mulai dari pemrograman android native dengan kotlin, React Native dan Flutter untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile, Laravel, PHP, JavaScript, dan Node JS untuk mengembangkan Web dan lain-lain.

4. Malas Ngoding (https://www.malasngoding.com/)

Tempat Belajar Coding Gratis : Malas Ngoding


Walau namanya Malas Ngoding tapi disini justruk kamu akan belajar banyak tentang pemrograman web, web design & mobile app lengkap dari dasar untuk pemula sampai mahir, tersedia tutorial dengan studi kasus.

Channel Youtube Belajar Coding Otodidak Gratis Untuk Pemula (Bahasa Indonesia)

Untuk kamu yang lebih menyukai belajar coding dengan cara menonton video tutorial bisa untuk men-subscribe channel-channel dibawah ini,

1. Web Programming UNPAS


Web Programming UNPAS adalah channel khusus yang membahas mengenai teknologi internet dan pengembangan web / web development, khususnya untuk mahasiswa teknik informatika di Universitas Pasundan Bandung dan umumnya untuk siapa saja yang tertarik. Channel ini Dikelola oleh Sandhika Galih yang juga merupakan seorang pengajar atau dosen Teknik Informatika Universitas Pasundan Bandung (UNPAS).

Di Web Programming UNPAS kamu bisa belajar dasar-dasar pemrograman web seperti dasar HTML, CSS, JavaScript, dan PHP dengan cepat karna penjelasan yang diberikan sangat jelas dan mudah dimengerti.

2. Kelas Terbuka

Kelas Terbuka belajar programming coding gratis

Kelas Terbuka adalah channel khusus yang akan membahas teknik pemrograman secara umum dan teknik komputasi serta pengolahan data secara khusus. Channel ini diharapkan dapat mengisi kekosongan implementasi praktis pada materi perguruan tinggi di Indonesia.

3. Sekolah Koding

Sekolah Koding belajar programming coding gratis

Sekolah Koding adalah channel yang bisa kamu jadikan alternatif untuk belajar programming terutama dari sisi pengembangan website seperti HTML, CSS, JavaScript, ReactJS dll.

Nah, itulah beberapa tempat situs dan channel youtube yang bisa kamu jadikan sumber pembelajaran coding untuk mengembangkan dan meningkatkan skill dibidang IT yang bisa kamu manfaatkan secara gratis.

Jika kamu ingin menambahkan tempat belajar coding kamu silakan tulis dikolom komentar ya! Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tempat Belajar Coding Secara Otodidak Online Gratis Terbaik 2020 (Bahasa Indonesia)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel