Tanya Jawab Seputar Kartu Pra-Kerja Lengkap

Tanya Jawab Seputar Kartu Pra-Kerja Lengkap

Semenjak dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja pada 11 April 2020 kemarin ternyata masih banyak pendaftar yang merasa kebingungan setelah berhasil melakukan pendaftaran akun Kartu Prakerja. Banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh para pendaftar, seperti pertanyaan bagaimana cara mendapatkan Kartu Prakerja, setelah melakukan pendaftaran apa yang harus dilakukan, bagimana mengetahui lolos atau tidak, dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk menjawab semua pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pendaftaran Kartu Prakerja ini berikut akan LewatOnline.com rangkum jawabannya untuk kamu semua yang sudah mendaftar Kartu Prakerja tapi bingung dan tidak tau apa yang harus dilakukan lagi.


Kartu Prakerja, Apa, Untuk Siapa, dan Tujuannya Apa


Apa itu Kartu Prakerja ?

Merupakan bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan skill / keahlian kerja dengan mengikuti pelatihan baik secara online / offline pada mitra pelatihan Kartu Prakerja.

Untuk siapa Kartu Prakerja ?

Kartu Prakerja diperuntukan bagi kamu yang berusia diatas 18 tahun ke atas dengan status sebagai pengangguran yang tidak sedang bersekolah/kuliah, pekerja, pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19. Jadi, tidak hanya untuk pengangguran saja ya!

Apa Tujuan Kartu Prakerja ?

Tujuan utama Kartu Prakerja adalah untuk mengembangkan dan meningkatan produktivitas angkatan kerja serta daya saing kerja.

Apakah Kartu Prakerja Menggaji Pengangguran ?

Tidak. Seperti yang sudah dijelaskan pada pertanyaan apa itu Kartu Prakerja; ini hanya bantuan biaya pelatihan yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja.


Akun Kartu Prakerja, Cara Daftar, Masalah Akun, Saldo Kartu Prakerja


Cara Mendaftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk tata cara dan langkah pendaftaran bisa kamu lihat di Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja

Saya Tidak Menerima Email Konfirmasi

Jika pertama mendaftar kamu bisa menunggu beberapa saat dan bila perlu silakan cek pada spam / junk mail

Saya Tidak Menerima kode OTP

Kode OTP (One Time Passsword) merupakan kode yang dipakai untuk memverifikasi pendaftaran kamu setelah mengisi data diri, pastikan kamu memasukan no HP yang benar dan aktif agar dapat menerima SMS untuk menyelesaikan pendaftaran Kartu Prakerja.

Gelombang Tidak Ditemukan

Perlu diketahui setelah berhasil mendaftar akun kamu diharuskan mengikuti seleksi, jika pada gelombang ke 1 kamu tidak lolos maka kamu bisa mencoba kembali bergabung di gelombang ke 2, 3, dan seterusnya yang akan dibuka setiap minggunya. Apabila pada dashboard Kartu Prakerja kamu terdapat informasi bahwa 'Gelombang Tidak Ditemukan' itu artinya kamu telat mengikuti gelombang atau gelombang seleksi Kartu Prakerja sudah ditutup. Pastikan kamu mengklik Gabung sebelum pendaftaran gelombang ditutup ya!


Cara Mengetahui Lolos Atau Tidak Lolos Kartu Prakerja ?

Kamu bisa melihatnya langsung pada dashboard akun kamu, jika lolos maka kamu akan melihat no. Kartu Prakerja dan Informasi Saldo pada akun kamu, dan jika kamu belum lolos maka akan muncul pemberitahuan bahwa kamu belum berhasil/tidak lolos dan bisa mengikuti pendaftaran seleksi di gelombang selanjutnya.


Sudah Lolos Tapi Saldo Masih Rp. 0 ?

Saat setelah lolos saldo kamu memang tidak akan langsung terisi, tunggu beberapa saat hingga beberapa hari sampai saldo kamu masuk, kamu bisa mengeceknya kembali secara berkala dalam akun kamu.

Berapa Saldo Yang Akan Saya Dapatkan ?

Untuk setiap peserta atau pemegang Kartu Prakerja akan mendapatkan saldo sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) yang mana saldo ini dapat kamu gunakan untuk membeli kelas atau kursus online pada mitra Kartu Prakerja.

Apakah Saldo Kartu Prakerja Bisa Dicairkan ?

Saldo sebesar 1 juta yang ada pada akun Kartu Prakerja kamu tidak bisa dicairkan dan hanya bisa digunakan sebagai atau untuk membayar biaya pelatihan ditempat pelatihan yang sudah menjadi mitra Kartu Prakerja. Jadi Saldo ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang fisik ya!

Apakah Saldo Kartu Prakerja Bisa Hangus ?

Ya, apabila kamu tidak menggunakannya untuk membeli pelatihan pada mitra platform dalam 30 hari sejak diterima, jika kamu tidak menggunakannya dalam 30 hari maka saldo kamu akan hangus dan dikembalikan kepada negara. Jadi pastikan setelah mendapatkan saldo Kartu Prakerja kamu langsung menggunakannya saat itu juga


Mengunakan Saldo di Mitra Pelatihan


Bagaimana Saya Mengikuti Pelatihan ?

Kamu bisa mengikuti pelatihan di mitra platform digital resmi yang sudah bekerjasama dengan Kartu Prakerja. Pada menu akun kamu bisa mengklik platform digital mana yang akan kamu gunakan sebagai tempat pelatihan.

Dimana Saja Saya Bisa Mengikuti Pelatihan ?

Kamu bisa menggunakan saldo Kartu Prakerja kamu untuk digunakan pada mitra platform digital seperti dibawah ini

Mitra Platform Digital Kartu Prakerja

Pelatihan Apa Saja Yang Bisa Saya Dapatkan Dengan Kartu Prakerja ?

Kamu bisa membeli berbagai pelatihan sesuai dengan kategori yang kamu inginkan, misalnya tentang internet marketing, bagaimana caranya menghasilkan uang dari internet, kursus bahasa, menguasasi berbagai software komputer, menjadi fotografer, dan lain sebagainya. Selengkapnya mengenai kategori pelatihan kamu bisa melihatnya langsung di mitra resmi yang kamu pilih ya!

Bagaimana Saya Menyelesaikan Pelatihan ?

Pastikan kamu memilih jenis pelatihan yang akan diikuti offline / online, sebagai contoh jika kamu memilih online maka kamu akan menyimak pelatihan atau kursus online dalam bentuk video panduan yang tersusun rapih. Kamu bisa menyaksikan / streaming video latihan tersebut hingga selesai.

Intensif, Berapa, Cara Mendapatkan, dan Cara Mencairkannya


Intensif Setelah Mengikuti Pelatihan

Setelah kamu menyelesaikan pelatihan yang kamu pilih maka kamu akan mendapatkan intensif sebesar Rp. 600.000 selama 4 bulan (4 kali) yang akan ditransfer ke akun wallet/rekening kamu.

Cara Mendapatkan Intensif Kartu Prakerja 

Pastikan kamu telah selesai mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga / mitra platform juga sudah memberikan rating atau penilaian mengenai pelatihan yang kamu ikuti.

Berapa Intensif Yang Akan Diberikan ?

Total kamu akan mendapatkan intensif sebesar Rp. 2.550.000 yang akan diberikan berkala selama 4 bulan, maka setiap bulannya kamu akan mendapatkan Rp. 600.000 dan tambahan Rp. 150.000 setelah menjawab survey yang diberikan.

Apakah Intensif Yang Diberikan Bisa Dicairkan ?

Ya bisa, intensif akan kamu dapatkan dan bisa kamu cairkan dalam bentuk uang mengingat intensif ini nantinya akan ditransfer ke rekening atau dompet digital kamu (e-wallet) dan bisa digunakan untuk keperluan kamu.


Nah, itulah beberapa informasi seputar Kartu Prakerja yang paling sering ditanyakan beserta jawabannya yang semoga dapat memberikan pencerahan bagi kamu yaa. Jika kamu belum mendaftar Kartu Prakerja kamu bisa melihat artikel tutorialnya di Cara Mendapatkan Kartu Prakerja.

Sumber : prakerja.go.id

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Seputar Kartu Pra-Kerja Lengkap"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel