Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja Online (Update)

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Online
Kartu Prakerja (Sumber : prakerja.go.id)
Apakah kamu termasuk orang yang sedang pusing dan kebingungan karna sampai sekarang belum juga mendapatkan pekerjaan? Sudah melamar kesana kemari tapi belum juga ada panggilan atau bahkan sudah dapat panggilan tapi hanya sebatas wawancara yang tak ada kelanjutannya (di-PHPín HRD)? Jika iya, kamu membaca informasi yang tepat karna informasi ini bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu yang masih jadi pengangguran.

Sesuai judul yang akan LewatOnline.com bahas kali ini mengenai Kartu Prakerja. Sebenarnya apa sih Kartu Prakerja itu? Banyak yang bilang kalo punya Kartu Prakerja itu pengangguran bakal dibayar pemerintah, apakah informasi tersebut benar?

Tentang Kartu Prakerja

Apa itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pemerintah yang memberikan bantuan biaya untuk meningkatkan skill atau kemampuan dengan mengikuti pelatihan pada bidang yang sesuai dengan kesukaan atau passion kamu. Program pengembangan kompetensi kerja ini ditunjukan buat kamu para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatkan kompetensi pada bidangnya masing-masing.

Sampai disini jelas yaa, Kartu Prakerja ini bukan program memberikan dana berupa uang tunai atau yang lebih salah kaprah lagi menggaji seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan. Kalo kayak gitu enak jadi pengganguran dong kaum rebahan pasti terjamin hidupnya.

Berapa Saldo Yang Didapatkan dari Kartu Prakerja

Adapun biaya bantuan / saldo yang didapatkan dari Kartu Prakerja ini 3 – 7 juta per orang. Menurut informasi yang LewatOnline.com dapatkan, 3 juta (maksimal) untuk yang mengikuti atau memilih pelatihaan secara online dan 7 juta (maksimal) bagi yang mengikuti pelatihan secara offline. Lumayan banget kan? Selain itu juga kamu mendapatkan intensif berupa saldo ke wallet kamu sebesar Rp. 500.000 yang akan ditransfer dalam 3 tahap.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini sangat mudah karna pendaftarannya dilakukan lewat online. Penasaran bagaimana caranya ? Sebelum melakukan pendaftaran pastikan kamu juga memenuhi persyaratan agar bisa diterima.

Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja

Syarat mendapatkan atau mendaftar peserta Kartu Prakerja sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia minimal 18 tahun
  • Sedang tidak mengikuti pendidikan formal (Sekolah/Kuliah)

Mekanisme Mendapatkan Kartu Prakerja (Online)

Setelah dirasa memenuhi syarat-syarat diatas, langsung saja tanpa pikir panjang lakukan pendaftaran sebagai peserta penerima Kartu Prakerja. Berikut caranya :

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja Online
Cara Mendapatkan Kartu Prakerja (Sumber : prakerja.kemnaker.go.id)
1. Daftar di link prakerja.go.id pada awal bulan April 2020 karna Kartu Prakerja ini hanya baru diluncurkan dan masih dalam tahap sosialisasi sehingga pendaftaran belum dibuka jika kamu mencobanya dibulan Maret 2020. Gambarannya jika sudah dibuka pendaftarannya kamu mengharuskan memasukan data diri dan mengikuti seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.

2. Pilih Pelatihan yang diinginkan, disini kamu harus menentukan mau mengikuti pelatihan apa dan dimana. Pastikan kamu memilih bidang pada industri yang kamu minati, kamu bisa melihat daftar pelatihan yang diisyaratkan Industri dan setelah itu bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja maksimal 3 juta untuk pelatihan yang dilakukan secara online dan maksimal 7 juta pelatihan offline atau tatap muka secara langsung.

3. Mengikuti Pelatihan, ditahap ini kamu bisa memulai mengikuti pelatihan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kamu dalam bidang tertentu yang sudah kamu pilih sebelumya. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga terkait.

4. Beri Ulasan & Rating, setelah mengikuti pelatihan di lembaga yang kamu pilih jangan lupa untuk memberikan ulasan dan rating atau penilaian kamu selama mengikuti pelatihan

5. Dapatkan Insentif, berupa dana sebesar Rp. 500.000 yang akan masuk ke dalam saldo Kartu Prakerja kamu dalam 3 tahapan

6. Survey Kebekerjaan, disini kamu akan mengisi survey yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survey sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dan sebagainya.

Langkah-langkah Mendaftar Kartu Pra-Kerja Online (Update 11 April 2020)

Akhirnya tepat jam 19:00 WIB tanggal 11 April 2020 pendaftaran Kartu Pra-Kerja resmi dibuka, adapun calon pendaftar bisa mengunjungi situs pendaftaran kartu pra-kerja di link https://dashboard.prakerja.go.id/daftar dengan memasukan email aktif dan password kemudian melengkapi data diri yang diperlukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut dibawah.

1. Buka halaman website prakerja.go.id lalu klik Daftar Sekarang seperti dibawah ini (halaman diakses menggunakan browser desktop / pc / laptop) selain itu bisa juga langsung dari HP

Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja Online

2. Kemudian masukan email dan password untuk pendaftaran akun Pra-Kerja kamu, lalu klik Daftar

Daftar Peserta Kartu Pra-Kerja Online

Klik Kembali ke Login, tapi sebelum login pastikan kamu sudah mendapatkan email verifikasi Kartu Pra-Kerja dan mengklik link yang disertakan di dalam email verifikasi

Verifikasi Email Pendaftaran Kartu Pra-Kerja

3. Buka email dan klik Verifikasi Email Sekarang

Email verifikasi pendaftaran kartu Pra-Kerja


4. Kemudian Verifikasi KTP dengan memasukan NIK dan Tanggal Lahir kamu, pastikan saat memasukan tidak ada kesalahan lalu klik Lanjutkan

Verifikasi KTP dan NIK

5. Lengkapi data diri kamu seperti nama lengkap, alamat, jenis kelamin, pendidikan terakhir, status kebekerjaan, dan unggah foto ktp beserta foto selfie sambil memegang ktp. Lanjutkan untuk ke step berikutnya

Mengisi data diri untuk melanjutkan pendaftaran akun Pra-Kerja

6. Masukan no HP kamu yang aktif untuk proses verifikasi dan klik Kirim 

Masukan no HP

7. Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS kemudian klik Verifikasi

Masukan kode OTP

8. Pada Pernyataan Pendaftar silakan pilih sesuai keadaan kamu sekarang, seperti menganggur atau bekerja

Pernyataan Pendaftar Pra-Kerja

Pernyataan Pendaftar Pra-Kerja

Pernyataan Pendaftar Pra-Kerja

Setelah memilih jawaban pernyataan klik Oke

Pernyataan Pendaftar Pra-Kerja Selesai

9. Langkah selanjutnya adalah Tes Motivasi & Kemampuan Dasar, disini kamu akan menjawab 18 soal pilihan ganda seputar kemampuan dasar matematikan dan penalaran. Klik Mulai Tes Sekarang untuk memulai menjawab soal

Tes Motivasi & Kemampuan Dasar

10. Silakan pilih jawaban yang menurut kamu benar, tenang pertanyaannya ngga sulit kok dalam Tes Kartu Pra-Kerja ini. Jika dirasa jawaban yang kamu pilih sudah benar klik Berikutnya untuk menjawab soal selanjutnya. Untuk pertanyaan sengaja LewatOnline.com skip

Menjawab Pertanyaan Tes

11. Setelah tes selesai klik Check Dashboard untuk kembali ke halaman utama

Tes Selesai

12. Pada langkah ini kamu harus mengikuti seleksi selanjutnya dengan mengklik Gabung

Gabung dengan batch pertama

Konfirmasi pilihan batch, disini LewatOnline.com mencoba melakukan pendaftaran pada tanggal 11 April 2020 jadi termasuk Gelombang Pertama. Klik Ya, Gabung untuk menyelesaikan pendaftaran sebagai calon peserta Kartu Pra-Kerja,

Konfirmasi Gelombang Pertama Pendaftaran Kartu Pra-Kerja

Selesai, pada tahap ini kamu sudah berhasil mendaftar Kartu Pra-Kerja untuk selanjutnya menunggu proses evaluasi untuk mengikut seleksi selanjutnya. Semoga beruntung dan lolos!

Pendaftaran Kartu Pra-Kerja Dalam Proses Evaluasi

Terkait masalah link pendaftaran kartu pra-kerja tidak dapat diakses, error, atau server down memang cukup banyak dialami pendaftar saat mencoba melakukan pendaftaran akun. Selain itu juga  ditemukan beberapa masalah lain seperti lamanya email verifikasi untuk masuk ke email, tidak bisa login, tidak bisa mengunggah foto ktp, dan lain sebagainya.

Solusinya adalah pastikan saat mengakses situs pendaftaran pra-kerja koneksi internet kamu stabil dan cepat, mengisikan email dan password dengan benar, dan sudah berhasil memverifikasi email pendaftaran, dan untuk foto KTP kamu pastikan tidak lebih dari 5 Mb.

Manfaat Kartu Prakerja

Meningkatkan & Memiliki Keahlian Baru
Dengan mengikuti program Kartu Prakerja kamu bisa meningkatkan atau memiliki keahlian baru berkat pelatihan yang diikuti.

Modal Untuk Mendapatkan Pekerjaan / Memulai Usaha

Dengan memiliki keahlian pada bidang tertentu tentu kamu bisa dan lebih percaya diri untuk melamar pekerjaan diperusahaan besar yang membuka lowongan pekerjaan sesuai bidang kamu. Tak hanya itu kamu juga bisa memulai usaha sesuai bidang atau keahlian yang telah dimiliki.

Sertifikat Pelatihan

Kamu juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan yang diakui untuk meyakinkan perusahaan atau tempat kamu melamar pekerjaan bahwa telah mengikuti pelatihan pada bidang tersebut.

Mendapatkan Insentif

Mengikuti pelatihan dan menjadi peserta Kartu Prakerja kamu akan mendpatkan insentif Rp500.000 di wallet dan ditransfer dalam tiga tahap.

Nah, itulah informasi yang LewatOnline.com bisa bahas kali ini. Untuk pembahasan mengenai Kartu Prakerja ini akan diupdate kembali. Jadi jangan lupa tetap kunjungi LewatOnline.com untuk mendapatkan informasi terbarunya.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Daftar dan Mendapatkan Kartu Prakerja Online (Update)"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel