Cara Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot Paling Ampuh

Cara Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot Paling Ampuh

Komputer atau laptop yang lemot merupakan permasalahan klasik bagi setiap penggunanya, tak jarang banyak  orang mengeluhkan masalah ini sampai pada akhirnya mencari solusi untuk mengatasi komputer / laptop yang lemot.

Maksud lemot disini adalah komputer /  laptop yang bekerja lambat, saking lambatnya membuat pekerjaan atau tugas yang kamu kerjakan menjadi sedikit terhambat bahkan tidak selesai-selesai.

Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika kamu sedang mengejar dealine pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang terbatas.

Baca juga : Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

Sebenarnya mengatasi komputer atau laptop yang lemot tidak begitu sulit, salah satu langkah mudah mengatasi komputer yang lemot adalah dengan cara menggunakan dan merawatnya dengan benar.

Penggunaan dan perawatan yang salah dapat menyebabkan kinerja komputer / laptop menjadi tidak optimal sehingga menimbulkan masalah yang cukup serius bahkan kerusakan.

Terkait masalah tersebut, LewatOnline.com akan memberikan tips dan trik bagaimana cara mengatasi komputer / laptop yang lemot menjadi cepat dan berjalan normal kembali.

A. Mengatasi Komputer / Latpop Yang Lemot dari Sisi Software

Dimulai dari sisi software (perangkat lunak), ada beberapa point penting yang harus diketahui agar komputer / laptop kamu dapat bekerja optimal :

1. Perhatikan Penggunaan Software

Yang pertama adalah dengan memperhatikan software yang kamu gunakan, pastikan menginstall program yang sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan kemampuan komputer / laptop kamu. 

Jangan menginstall software yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hindari menginstall software yang memiliki system requirements jauh diatas spesifikasi komputer / laptop kamu karna hal tersebut dapat menyebabkan komputer / laptop kamu menjadi terasa sangat lambat saat digunakan.

Solusinya, uinstall program yang tidak dibutuhkan tersebut dan pilihlah program dengan versi terendah atau yang bisa dijalankan oleh komputer / laptop kamu.

2. Hindari dan Bersihkan Dari Virus

Virus komputer adalah salah satu penyebab komputer / laptop menjadi lambat yang cukup sering dialami oleh banyak orang, komputer yang terserang virus berakibat menurunnya kinerja sistem komputer.

Jika dibiarkan hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karna lama kelamaan virus dapat merusak sistem.

Solusinya tentu kamu harus berjaga-jaga untuk melindungi komputer / laptop kamu dengan Antivirus terupdate, jika sudah terinfeksi sangat parah maka solusi paling ampuh menghilangkan virus adalah dengan cara install ulang sistem operasi komputer / laptop kamu.

3. Rutin Membersihkan File-file Sampah

Banyaknya file sampah yang menumpuk juga bisa membuat dan menjadi penyebab komputer / laptop terasa lambat, solusinya silakan hapus dengan tools bawaan dari Windows bernama Disk Cleanup.

4. Lakukan Defrag Harddisk

Dengan melakukan defragment file-file yang tersimpan pada harddisk akan tertata dan strukturnya menjadi lebih rapih sehingga membuat kinerja sistem komputer / laptop akan menjadi lebih cepat dan optimal.

Caranya klik kanan pada partisi harddisk yang ingin di defrag lalu pilih Properties > Tools

B. Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot dari Sisi Hardware

Sekarang menuju pada sisi hardware, komputer / laptop yang lemot juga bisa disebabkan oleh resource perangkat keras. Apa sajakah? berikut adalah cara mengatasi komputer / laptop lemot dari sisi hardware :

1. Merawat Hardware Dengan Baik dan Benar

Komputer / laptop merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari beberapa komponen seperti motherboard, processor, vga card, harddisk, dll.

Perangkat-perangkat tersebut sudah seharusnya kita rawat dengan baik dan benar, cara atau contoh perawatan dasar seperti membersihkan debu yang menempel, menjaga sirkulasi udara tetap baik, menggunakan stabilizer agar tegangan listrik yang masuk pada setiap komponen tetap stabil.

Hal itu dilakukan agar hardware terjaga performanya sehingga sistem komputer / laptop tetap bekerja dengan baik.


2. Upgrade Hardware

Upgrade berarti meningkatkan spesifikasi hardware yang digunakan, semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki oleh perangkat keras komputer, semakin baik dan cepat pula performanya. Hardware yang harus kamu upgrade untuk meningkatkan performa antara lain RAM, Processor, Harddisk > SSD, dan VGA Card.

Kesimpulan

Komputer yang berjalan lambat biasanya disebabkan oleh 2 faktor, yaitu faktor perangkat lunak (software) dan faktor perangkat keras (hardware), keduanya saling berkaitan satu sama lain dan memiliki pengaruh yang besar dalam kinerja dan performa sebuah sistem komputer.

Dengan memahami kedua sisi yang telah disebutkan diatas kamu seharusnya sudah bisa mengatasi komputer / laptop yang lemot sendiri tanpa harus memanggil seorang teknisi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Komputer / Laptop Yang Lemot Paling Ampuh"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel