Wajib Baca, 5 Cara Melamar Kerja Melalui Online Yang Baik dan Benar

Wajib Baca, 5 Cara Melamar Kerja Melalui Online Yang Baik dan Benar
(Photo : Unsplash / @mimithian)
Perkembangan teknologi benar-benar memberikan dampak yang besar bagi kehidupan, salah satu teknologi yang memberikan manfaat luar biasa adalah Internet. Dengan internet semua orang dapat mencari dan menemukan informasi apapun dengan secepat 'kilat'.

Salah satu informasi yang banyak dicari di internet adalah info lowongan pekerjaan, banyak situs-situs di internet yang menyediakan informasi pekerjaan untuk para pencari kerja sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Mencari pekerjaan lewat internet juga memberikan kemudahan, kamu dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan hanya dengan mengetikan atau memilih kategori lowongan pekerjaan kamu pada platform lowongan pekerjaan maupun mesin pencari.

Meski demikian, mencari dan melamar pekerjan melalui online juga tidak sembarangan dan asal-asalan! Kamu harus tahu bagaimana mencari pekerjaan dan mengirim lamaran online yang baik dan benar. Berikut tips dan trik melamar kerja melalui online yang bisa kamu jadikan panduan:

1. Cari Sumber Informasi Lowongan Kerja Terpercaya

Internet memang sumber informasi yang tak terbatas, puluhan hingga ratusan ribu informasi lowongan kerja dapat ditemukan sangat mudah di Internet. Namun tidak semua informasi tersebut valid dan dapat dipercaya, kamu harus memilih sumber-sumber lowongan kerja online terpercaya yang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan menelusuri website resmi perusahaan yang bersangkutan, jika website tersebut memang benar-benar ada dan di dalamnya terdapat informasi bahwa sedang membutuhkan karyawan baru maka sudah dipastikan informasi tersebut memang benar atau valid.

2. Perhatikan Persyaratan Dari Perusahaan Yang Akan Dilamar

Tidak ada perusahaan yang menawarkan pekerjaan tanpa syarat, kamu harus memperhatikan syarat-syarat yang diberikan oleh perusahaan dan memenuhi segala persyaratan dari perusahaan seperti misalnya berlatar pendidikan minimal lulusan SMK/SMA/D1/D3/S1 atau Laki-laki/Wanita usia 20-27 tahun, Dapat Mengoperasikan Komputer, dan lain sebagainya. Pastikan kamu memenuhi kriteria tersebut, jangan melamar pada tempat atau perusahaan yang persyaratannya tidak dapat kamu penuhi karna akan percuma dan sia-sia.

3. Pilih Posisi Pekerjan Yang Sesuai Dengan Keahlian

Dalam memilih posisi pekerjaan yang akan dilamar pastikan kamu menguasai dan memiliki kemampuan untuk mengerjakannya, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan bidang, keahlian, dan pengelaman kamu sebelumnya. Atau jika kamu adalah seorang yang baru lulus (fresh graduate) carilah posisi pekerjaan yang sesuai dengan bidang / jurusan kamu saat menempuh pendidikan dibangku sekolah/kuliah.

4. Buat CV (Curriculum Vitae) Yang Menarik Perhatian

Curriculum vitae (CV) sampai saat ini masih menjadi hal yang sangat penting dalam dokumen melamar pekerjaan, karna pada CV inilah seorang pelamar kerja memberitahukan profile dirinya secara keseluruhan mulai dari tempat dan tanggal lahir, jenjang pendidikan, keahlian yang dimiliki, pengalaman, dan lain-lain. Membuat CV yang menarik untuk melamar kerja bisa kamu coba supaya terlihat beda dan lebih menarik dimata HRD, tidak perlu repot membuatnya sendiri karna ada situs online untuk buat CV menjadi lebih menarik bernama Canva (https://www.canva.com/create/resumes/)

5. Tata Cara Saat Akan Mengirim Lamaran Kerja via Email

Setelah mempersiapkan dan melewati 4 point diatas, sekarang saatnya mengirim lamaran kerja melalui online via e-mail, adapun tata cara mengirim surat lamaran kerja lewat e-email yang baik dan benar sebagai berikut :
  • Siapkan dokumen Surat Lamaran, CV, Ijazah, SKCK, Pas photo, KTP, Sertifikat, dan dokumen pendukung lainnya yang diminta oleh perusahaan dalam 1 file PDF (digabung). Kenapa 1 file PDF? Tujuannya adalah agar e-mail yang kamu kirimkan tidak melampirkan banyak file dan pihak perusahaan dalam hal ini HRD lebih efisien karna hanya cukup men-download 1 file saja yang didalamnya sudah memuat seluruh dokumen yang menjadi persyaratan. Usahakan ukuran file yang kamu lampirkan tidak lebih dari 10 MB
  • Isi subjek e-mail sesuai dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar
  • Isi e-mail dengan kalimat pembuka yang sopan, santun, padat, dan tidak bertele-tele
Setelah semuanya benar-benar siap, kini waktunya mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan yang menjadi tujuan kamu dan tunggu jadwal panggilan untuk sesi wawancara.

Kesimpulan

Dengan adanya sistem melamar kerja melalui online ini menjadikan proses melamar kerja menjadi lebih mudah dan efisien, pelamar kerja tidak perlu datang langsung hanya untuk memasukan atau mengirim amplop coklat berisi surat lamaran yang tentunya lebih banyak mengeluarkan modal.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Baca, 5 Cara Melamar Kerja Melalui Online Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel