Cara login akun google yang benar dan aman

Bagaimana cara login akun google menggunakan HP dan komputer yang mudah ? Tidak perlu khawatir jika lupa kata sandi atau lupa nama email karena sudah lama tidak digunakan.

Login ke akun google sebenarnya hanya butuh satu kali, namun terkadang bisa logout sendiri karena berbagai hal.

Dari pihak google sendiri telah menggunakan sistem keamanan yang selalu diperbarui secara berkala. Jadi tidak heran jika sewaktu-waktu pengguna tidak bisa login dan butuh konfirmasi tambahan.

Buat kamu yang sedang mengalami kesulitan karena pengguna baru google atau tidak bisa login maka bisa simak ulasan lengkap berikut ini.

Cara login akun google melalui berbagai browser

Ada banyak web browser yang beredar saat ini seperti Google Chrome, Mozilla firefox, Opera, Brave, dan lainnya.

Semua web browser tersebut bisa membantu pengguna untuk berselancar internet dan punya fitur yang berbeda-beda.

Harap diketahui kalau tidak semua web browser itu aman, dan untuk melindungi akun google maka secara otomatis sistem google akan memblok jika dianggap tidak aman.

Gunakan web browser yang sudah terpercaya seperti Google chrome atau mozilla firefox. Pastikan sumber web browser yang di download berasal dari situs resmi dan bukan dari web pihak ketiga yang anonim.

Berikut ini cara login akun google melalui browser google chrome :

  • Buka google chrome dan pastikan fitur javascript telah aktif
  • Jika belum aktif maka bisa mengaktifkan javascript terlebih dahulu
  • Klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas -> content -> Javascript
  • Setelah itu tinggal login menggunakan akun google di chrome
  • Gunakan password dan username yang benar milik anda sendiri
  • Jika login berhasil maka akan muncul tanda profile di samping kanan atas browser
  • Dan untuk logout maka hanya perlu mengklik tanda titik tiga profil -> tutup
  • Selesai

Cara login google dari HP Android

Untuk bisa menggunakan HP android tentunya saat awal penggunaan harus login menggunakan satu akun aktif terlebih dahulu.

Berikut ini langkah-langkah cara login google menggunakan HP android yang benar :

  • Langkah pertama siapkan HP android yang akan digunakan untuk login
  • Buka akun google
  • Pada bagian navigasi silakan tap menu keamanan
  • Selanjutnya login ke google yang tersedia dalam beberapa cara alternatif
  • Gunakan no telp atau alamat email (gmail)
  • Masukkan password jika diminta atau bisa juga pilih opsi lain jika lupa
  • Klik next dan setelahnya tinggal buka kunci ponsel

Penyebab umum tidak bisa login akun google

Secara umum untuk login akun google hanya perlu memasukkan username dan kata sandi, atau bisa juga menggunakan no telepon.

Namun ada kalanya tidak bisa login ke akun google karena sistem keamanan google mendeteksi ada yang janggal.

Maka dari itu butuh beberapa langkah tambahan agar akun google kembali bisa login untuk digunakan secara normal.

Ketahui dahulu beberapa penyebab mengapa secara tiba-tiba atau bahkan sering tidak bisa login ke akun google yang sering kamu gunakan.

1. Menggunakan VPN

Menggunakan VPN atau proxy akan membuat sistem google mendeteksi penggunaan yang tidak umum. Sehingga para pengguna yang sering pakai VPN pastinya akan susah untuk login ke akun google.

Perlu diketahui bahwa menggunakan jasa VPN maka artinya menggunakan nomor IP yang berbeda-beda karena memang beda server dan beda lokasi.

Sistem keamanan google akan mendeteksi dan mencegah perangkat asing yang tidak dikenali agar tidak bisa login.

Hal ini bertujuan untuk melindungi akun google pengguna agar tidak mudah di salah gunakan oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

2. Web Browser berbeda

Salah satu penyebab tidak bisa login ke akun google yang sering terjadi yaitu karena pengguna sering berganti web browser.

Memang dalam satu komputer atau laptop bisa menggunakan banyak web browser sekaligus. Namun sistem keamanan google akan lebih waspada dan menyebabkan pengguna jadi sulit untuk login seperti biasanya.

Sangat disarankan untuk menggunakan satu web browser saja yang sama agar sistem keamanan google bisa mengenalinya serta untuk memastikan keamanan yang lebih baik.

3. Menggunakan Ekstensi atau plugin mencurigakan

Ada banyak ekstensi yang menarik dan banyak digunakan orang karena punya banyak fitur. Contohnya saja google chrome yang punya toko sendiri bernama Chrome web store.

Chrome web store ini adalah pusatnya tempat untuk mencari berbagai ekstensi serba guna mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Pengguna hanya perlu mengunjungi situs resmi Chrome web store dan bisa mencari semua yang dibutuhkan dengan mudah.

Namun perlu diketahui kalau tidak semua ekstensi yang ada di chrome web store itu aman dan terpercaya. Sebab kebanyakan ekstensi yang tersedia merupakan buatan pihak ketiga.

Untuk meminimalisir ekstensi yang mencurigakan para pengguna bisa melihat ulasan atau review yang sudah tersedia di chrome web store layaknya google play store.

Hindari menggunakan ekstensi yang punya review jelek dan bintang 1 karena sangat berisiko soal keamanan data serta faktor lainnya.

Tidak bisa login ke akun google bisa jadi karena kamu masih menginstall ekstensi yang mencurigakan. Solusi terbaiknya sudah pasti menghapus semua ekstensi yang mencurigakan dan yang sudah tidak terpakai lagi.

Cara mengatasi akun google tidak bisa login

1. Gunakan jaringan yang aman

Sistem keamanan google nampaknya juga sangat pilih-pilih terhadap jaringan internet yang sedang digunakan.

Jangan gunakan WiFi yang sumbernya meragukan seperti di hotel, mall, rumah makan, dan tempat umum lainnya. Jika masih menggunakan jaringan tersebut maka sudah pasti tidak bisa login ke akun google.

Selalu gunakan jaringan terpercaya milik sendiri agar bisa login ke akun google dengan mudah. Penggunaan jaringan yang berbeda-beda saat ingin login juga akan menyebabkan masalah, jadi sebaiknya pakai yang sama.

2. Login dengan perangkat yang sama

Login dari perangkat yang berbeda-beda maka sudah tentu akan bermasalah. Sebab sistem keamanan google akan mendeteksi perangkat yang tidak dipercaya.

Cara mengatasi akun google tidak bisa login yaitu dengan menggunakan perangkat yang sama. Misalnya saja menggunakan HP atau laptop yang sama saat pertama kali login ke akun google.

3. Tunggu beberapa saat

Ada kalanya tidak bisa login karena memang sedang ada gangguan pada sistem internal google. Jangan coba memaksa untuk terus login karena sudah pasti akan di blok oleh google.

Tunggu beberapa saat hingga sekitar 10 menit dan bisa coba kembali login yang biasanya berhasil login dengan normal.

Tips cara login akun google yang aman

Google sebenarnya sudah memberikan banyak pilihan fitur keamanan namun secara default tidak semuanya langsung aktif.

Kamu bisa aktifkan fitur yang bernama enable two factor verification untuk perlindungan yang berlapis agar akun google bisa lebih aman.

Selalu lindungi kata sandi yang menjadi rahasia pribadi dan sebisa mungkin gunakan password yang tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment