Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri


Dizaman yang serba digital saat ini penggunaan email sudah menjadi hal yang umum karna berfungsi sebagai penunjang aktivitas berkomunikasi melalui media Internet yang mudah, cepat, dan murah. Dapat dikatakan hampir seluruh pengguna Internet memiliki akun email untuk berbagai keperluan, entah itu akun email gratis yang dibuat di Gmail ataupun Yahoo.

Gmail dan Yahoo merupakan penyedia layanan untuk membuat email gratis yang paling banyak digunakan khususnya di Indonesia. Dengan hanya beberapa langkah pendaftaran kamu sudah bisa mendapatkan dan menggunakan layanan email gratis selamanya dari kedua perusahaan Internet tersebut.

Selain dengan membuat email gratis pada layanan yang disediakan oleh Gmail dan Yahoo kamu juga bisa membuat email dengan nama domain sendiri. Dengan nama domain sendiri ini nantinya alamat email akan sesuai dengan alamat domain atau nama website/situs yang kamu miliki seperti admin@lewatonline.com.

Biasanya email seperti ini dimiliki oleh perusahaan maupun instansi yang juga dikenal sebagai Corporate Email. Meski demikian, bukan berarti email yang menggunakan nama domain sendiri hanya diperuntukan bagi kantor perusahaan saja, perorangan atau individu termasuk kamu juga bisa membuat dan menggunakannya.

Pertimbangannya, tentu saja kamu harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menyewa sebuah layanan hosting dan domain. Hosting disini digunakan sebagai tempat menyimpan dan mengontrol konfigurasi email kamu, sedangkan domain adalah alamatnya.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membuat email dengan nama sendiri, hal penting yang perlu kamu perhatikan juga tentang layanan hosting dan pemilihan nama domain. Pembahasan mengenai layanan hosting dan domain ini akan LewatOnline.com ulas diartikel selanjutnya.

Cara Membuat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, syarat untuk membuat email dengan domain sendiri sudah harus memiliki hosting sepaket dengan domain dan setidaknya sudah mengetahui dasar konfigurasi menu-menu yang ada pada Cpanel, anggap saja kamu sudah masuk ke Cpanel kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pada halaman cpanel ketik Email lalu pilih Email Accounts


Lalu pilih/klik +CREATE yang ada disebelah kanan


Kemudian buat akun email kamu dengan mengisikan username dan password sesuai keinginan, kamu juga bisa mengatur kapasitas penyimpanan pada Storage Space lalu klik +CREATE


Setelah berhasil membuat akun, silakan coba login ke email hosting kamu dengan mengklik CHECK EMAIL  atau kunjungi domainkamu[dot]com/webmail

Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri

Login menggunakan username atau alamat email dan password yang sudah dibuat sebelumnya


Pilih roundcube sebagai aplikasi webmail yang akan digunakan


Berikut adalah tampilan dari Webmail yang digunakan untuk mengirim dan menerima email, sederhana dan tidak jauh berbeda dengan aplikasi email berbasis web lainnya.


Demikianlah informasi Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri yang LewatOnline.com bagikan kali ini, jika ada pertanyaan bisa mengirimkannya pada kolom komentar dibawah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Buat Email Dengan Nama Domain Sendiri"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel